Samsung Perkenalkan "SSD" 512 GB Seberat 1 Gram

Kompas.com - 02/06/2016, 12:26 WIB
SSD samsung seri MP971-NVMe ukuran fisiknya kecil tapi memiliki kapasitas hingga 512 GB SamsungSSD samsung seri MP971-NVMe ukuran fisiknya kecil tapi memiliki kapasitas hingga 512 GB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Media penyimpanan Solid-State Drive (SSD) dari Samsung ini ukurannya cuma sebesar uang logam, beratnya pun hanya 1 gram. Tapi ruang penyimpanan yang disediakan seolah berbanding terbalik dengan dimensi fisiknya, yakni mencapai 512 GB.

Pihak Samsung awal minggu ini mengumumkan bahwa produksi SSD bernama lengkap MP971-NVMe series tersebut telah dimulai, sebagaimanan dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Kamis (2/6/2016).

Tak cuma berukuran mungil, dengan kinerja baca dan tulis masing-masing mencapai 1.500 Megabyte per detik (MBps) dan 900 MBps, Senior Vice President divisi storage Samsung, Jung-bae Lee, mengklaim bahwa MP971-NVMe memiliki kinerja tiga kali lebih tinggi dibandingkan SSD SATA biasa.

“Perkenalan SSD berukuran kecil ini bakal membantu pabrikan PC global dalam membuat perangkat komputer yang lebih langsing dan bergaya, sekaligus memberikan lingkungan komputasi yang lebih memuaskan buat konsumen,” ujar Lee.

Meski bentuknya mirip sebuah chip memori biasa, MP971-NVMe memiliki semua komponen SSD, termasuk flash memory NAND, DRAM LPDDR4, dan sebuah controller.

Sang SSD mungil rencananya bakal mulai tersedia dalam pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 Gb mulai bulan juni mendatang, tapi informasi harganya belum diungkapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.