Kompas.com - 02/06/2016, 16:32 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Galaxy J3 (edisi 2016) dibekali dengan sejumlah fitur terbaru. Salah satu yang menarik adalah fitur penghemat kuota internet yang tersemat langsung dalam ponsel tersebut.

Head of Product Marketing Samsung Denny Galant mengatakan fitur tersebut diberi nama Ultra Data Saving (UDS) dan dikembangkan atas kerja sama dengan pengembang aplikasi peramban Opera.

“Ini fitur yang kami kembangkan bersama Opera. Sekarang kami sematkan di seri J3 (2016) ini. Kalau memakai fitur ini, berdasarkan survei dari Opera, pengguna bisa menghemat data up to 50 persen,” terang Denny dalam peluncuran Samsung Galaxy J3 (2016) di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Fitur tersebut bekerja tak hanya menghemat pemakaian kuota internet di browser saja. Penghematan data dilakukan menyeluruh di sistem operasi Android, yang berarti menangani semua operasi dan aplikasi.

“Salah satu contohnya adalah pemakaian data Instagram, jika memakai UDS ini bisa lebih hemat 47 persen,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penghematan data tersebut diperoleh dengan cara mencegah aplikasi tertentu untuk beroperasi di latar belakang atau biasa disebut sebagai backround apps. Pengguna pun bisa dengan leluasa mengatur aplikasi mana yang boleh dan tidak boleh beroperasi di latar belakang.

“Misalnya dengan membiarkan e-mail tetap berjalan dan mematikan background apps aplikasi lain. Soalnya kalau e-mail kan sifatnya push, kalau dimatikan maka tidak akan ada pesan yang masuk sampai aplikasi itu dibuka,” terang Denny.

Aplikasi penghemat kuota internet tersebut diluncurkan pertama kali dalam ponsel Galaxy J3. Namun dia mengatakan ada kemungkinan bahwa produk seri J lain akan mendapatkan fitur serupa.

Sementara itu, melalui keterangan resminya, Opera juga menyatakan bahwa fitur UDS tersebut sebenarnya merupakan bagian dari fitur Opera Max. Mereka akan menyematkannya di ponsel Samsung Galaxy J3, J5, dan J7.

Aplikasi yang bisa menghemat kuota internet menggunakan UDS adalah semua yang berbasis video, suara, menampilkan halaman web, dan memiliki gambar. Dengan kata lain, aplikasi WhatsApp, Line, Netflix, Facebook, YouTube dan lainnya bakal memakai kuota internet lebih kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.