Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Instagram di Galaxy J3 Hemat Kuota 47 Persen

Kompas.com - 02/06/2016, 16:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Galaxy J3 (edisi 2016) dibekali dengan sejumlah fitur terbaru. Salah satu yang menarik adalah fitur penghemat kuota internet yang tersemat langsung dalam ponsel tersebut.

Head of Product Marketing Samsung Denny Galant mengatakan fitur tersebut diberi nama Ultra Data Saving (UDS) dan dikembangkan atas kerja sama dengan pengembang aplikasi peramban Opera.

“Ini fitur yang kami kembangkan bersama Opera. Sekarang kami sematkan di seri J3 (2016) ini. Kalau memakai fitur ini, berdasarkan survei dari Opera, pengguna bisa menghemat data up to 50 persen,” terang Denny dalam peluncuran Samsung Galaxy J3 (2016) di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Fitur tersebut bekerja tak hanya menghemat pemakaian kuota internet di browser saja. Penghematan data dilakukan menyeluruh di sistem operasi Android, yang berarti menangani semua operasi dan aplikasi.

“Salah satu contohnya adalah pemakaian data Instagram, jika memakai UDS ini bisa lebih hemat 47 persen,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penghematan data tersebut diperoleh dengan cara mencegah aplikasi tertentu untuk beroperasi di latar belakang atau biasa disebut sebagai backround apps. Pengguna pun bisa dengan leluasa mengatur aplikasi mana yang boleh dan tidak boleh beroperasi di latar belakang.

“Misalnya dengan membiarkan e-mail tetap berjalan dan mematikan background apps aplikasi lain. Soalnya kalau e-mail kan sifatnya push, kalau dimatikan maka tidak akan ada pesan yang masuk sampai aplikasi itu dibuka,” terang Denny.

Aplikasi penghemat kuota internet tersebut diluncurkan pertama kali dalam ponsel Galaxy J3. Namun dia mengatakan ada kemungkinan bahwa produk seri J lain akan mendapatkan fitur serupa.

Sementara itu, melalui keterangan resminya, Opera juga menyatakan bahwa fitur UDS tersebut sebenarnya merupakan bagian dari fitur Opera Max. Mereka akan menyematkannya di ponsel Samsung Galaxy J3, J5, dan J7.

Aplikasi yang bisa menghemat kuota internet menggunakan UDS adalah semua yang berbasis video, suara, menampilkan halaman web, dan memiliki gambar. Dengan kata lain, aplikasi WhatsApp, Line, Netflix, Facebook, YouTube dan lainnya bakal memakai kuota internet lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com