Smartfren: Yang Bawel soal “Speed” Cuma “Downloader"

Kompas.com - 03/06/2016, 09:08 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan seluler 4G LTE menjanjikan kecepatan transfer data mencapai ratusan megabit per detik (Mbps). Tapi seberapa pentingkah kecepatan transfer data untuk para pengguna?

Menurut operator seluler Smartfren, bagi sebagian besar pelanggan, perihal kecepatan transfer ini cenderung hanya dipersoalkan oleh sebagian orang saja.

“Yang mengukur speed biasanya adalah downloader, orang-orang yang butuh donwload banyak, misalnya yang suka film atau torrent, ” ujar Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, saat ditemui usai acara peluncuran smartphone Andromax A dan Andromax E2+ di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Baca: Smartfren Rilis Andromax A, Ponsel 4G Rp 649.000

"Yang selalu mempersoalkan speed adalah mereka,” tambah Munir, sambil menjelaskan bahwa kecepatan stabil sebesar 2 Mbps saja sebenarnya sudah mencukupi untuk berbagai keperluan streaming di jaringan 4G LTE.

Dia mengatakan, dibanding kecepatan, hal yang lebih penting bagi pelanggan sebenarnya adalah stabilitas jaringan dalam menikmati aneka konten, mulai dari chatting hingga menonton video di YouTube.

Kendati demikian, dia tak menampik bahwa kebutuhan pelanggan akan kecepatan yang lebih tinggi akan semakin mengemuka, seiring dengan perkembangan ragam dan ukuran konten yang disalurkan.

“Pasti nanti akan ada yang membutuhkan juga, misalnya untuk live broadcasting lewat internet,” ujarnya.

Siapkan 214 Mbps

Smartfren sendiri kini tengah menyiapkan teknologi 3-band carrier agregation (3-CA) yang diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer data hingga 214 Mbps.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.