Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemadaman Listrik di Jakarta Bisa Dipantau Online dan "Real Time"

Kompas.com - 03/06/2016, 11:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN Distribusi Jakarta Raya memperkenalkan layanan Pelita, yaitu peta online dimana pengunjung bisa melihat wilayah-wilayah yang sedang "mati lampu" atau mengalami pemadaman listrik secara "real time"

Pelita berupa tampilan peta online yang meliputi wilayah DKI Jakarta dengan area-area jaringan listrik PLN. Layanan tersebut dikenalkan oleh PLN melalui halaman resmi Facebook-nya pada Selasa (31/5/2016).

"Adapun informasi mengenai pemadaman jaringan kelistrikan di wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya dapat dilihat secara real time melalui http://pelita.plnjaya.co.id/," tulis akun PLN.

Saat membuka situs Pelita, PLN menampilkan informasi jumlah wilayah serta jenis pemadaman yang sedang terjadi di bagian atas. PLN membagi pemadaman menjadi tiga kategori, yakni Padam Gangguan dengan label merah, Padam Pemeliharaan dengan label hijau, dan Padam Banjir dengan label biru.

Informasi jumlah wilayah yang mengalami pemadaman juga ditampilkan di samping label warna masing-masing.

Sementara di peta di bawahnya, wilayah yang terdampak pemadaman listrik juga akan diberi label warna masing-masing kategori pemadaman.

PLN juga menyediakan informasi detil gangguan di kolom sebelah kanan peta untuk menjelaskan apa dan kenapa pemadaman harus dilakukan.

Saat KompasTekno mengakses situs Pelita pada Jumat (3/6/2016) pukul 10.00 WIB, tidak terdapat gangguan pemadaman sama sekali di area DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com