Pemadaman Listrik di Jakarta Bisa Dipantau Online dan "Real Time"

Kompas.com - 03/06/2016, 11:15 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN Distribusi Jakarta Raya memperkenalkan layanan Pelita, yaitu peta online dimana pengunjung bisa melihat wilayah-wilayah yang sedang "mati lampu" atau mengalami pemadaman listrik secara "real time"

Pelita berupa tampilan peta online yang meliputi wilayah DKI Jakarta dengan area-area jaringan listrik PLN. Layanan tersebut dikenalkan oleh PLN melalui halaman resmi Facebook-nya pada Selasa (31/5/2016).

"Adapun informasi mengenai pemadaman jaringan kelistrikan di wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya dapat dilihat secara real time melalui http://pelita.plnjaya.co.id/," tulis akun PLN.

Saat membuka situs Pelita, PLN menampilkan informasi jumlah wilayah serta jenis pemadaman yang sedang terjadi di bagian atas. PLN membagi pemadaman menjadi tiga kategori, yakni Padam Gangguan dengan label merah, Padam Pemeliharaan dengan label hijau, dan Padam Banjir dengan label biru.

Informasi jumlah wilayah yang mengalami pemadaman juga ditampilkan di samping label warna masing-masing.

Sementara di peta di bawahnya, wilayah yang terdampak pemadaman listrik juga akan diberi label warna masing-masing kategori pemadaman.

PLN juga menyediakan informasi detil gangguan di kolom sebelah kanan peta untuk menjelaskan apa dan kenapa pemadaman harus dilakukan.

Saat KompasTekno mengakses situs Pelita pada Jumat (3/6/2016) pukul 10.00 WIB, tidak terdapat gangguan pemadaman sama sekali di area DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.