Heboh Polda Lampung Dapat Penghargaan Google, Benar atau "Hoax"?

Kompas.com - 04/06/2016, 10:41 WIB
Foto ucapan selamat kepada Polda Lampung yang beredar di media sosial. Foto beredar di media sosialFoto ucapan selamat kepada Polda Lampung yang beredar di media sosial.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Kabar membanggakan tersiar dari Lampung, awal bulan Juni. Kepolisian Daerah Provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera ini disebut bakal menerima sebuah penghargaan dari Google atas prestasi yang terkait dengan "searching".

Tak kurang duo pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, disebut akan menyerahkan penghargaan secara langsung lewat acara yang bakal digelar di Amerika Serikat, 11-15 Juni mendatang.

"Untuk menerima penghargaan berkelas ini, Kapolda Lampung mengutus Kabid Humas Polda Lampung," tulis salah satu sumber kabar tersebut.

Cerita soal prestasi Polda Lampung pun menyebar luas di internet. Ucapan selamat mulai berdatangan, termasuk dari kalangan pejabat pemerintah.

"Selamat kepada Polda Lampung atas penghargaan dunia dari Google sebagai yang paling banyak searching website Tribrata," tulis Bupati Mesuji H Khamami SH dalam sebuah pengumuman ucapan selamat yang fotonya banyak beredar di Twitter.

"Searching website Tribarata"

Namun, apa persisnya prestasi yang membuahkan penghargaan internasional dari Google itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber kabar hanya menuliskan bahwa Polda Lampung berhasil "terbanyak meraih searching website Tribarata dari seluruh jajaran Polda se-Indonesia".

Tribrata merupakan tiga semboyan Kepolisian Republik Indonesia. Polri diketahui mengoperasikan portal berita di alamat Tribaratanews.com yang menyajikan informasi-informasi seputar kepolisian.

Entah apa yang dimaksud sang sumber kabar dengan "searching website Tribrata". Apakah Polda Lampung mendapat penghargaan karena paling banyak dicari oleh pengguna Google karena berhasil menampilkan Tribaratanews di urutan teratas laman search? Ataukah sebab lain?

Halaman:


Sumber kompas.com

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.