Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Berbalut Emas, Ponsel Android Ini Dibanderol Rp 190 Juta

Kompas.com - 04/06/2016, 19:23 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com — Sirin Labs baru saja meluncurkan ponsel bernama Solarin yang dibanderol sangat mahal, yaitu 14.000 dollar AS atau setara Rp 190 juta. Padahal, ponsel Android ini terkesan biasa saja, tanpa balutan permata atau emas.

Spesifikasi Solarin memang tergolong canggih. Setidaknya, pengguna bakal menemukan dapur pacu berupa chipset Qualcomm Snapdragon 810 octa core 2 Ghz, RAM 4 GB, dan memori internal 128 GB.

Dari sisi konektivitas, terdapat lima antena dan dukungan untuk 24 frekuensi LTE. Ponsel ini bisa menangani kecepatan data maksimal hingga 4,6 Gbps.

Kendati demikian, bila membandingkan dengan spesifikasi salah satu ponsel termutakhir yang ada saat ini, harga dan spesifikasi tersebut tetap tak masuk akal.

Samsung Galaxy S7 Edge dengan dapur pacu berupa chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB saja dijual dengan harga di bawah 800 dollar AS atau setara dengan Rp 10 juta.

Memang Galaxy S7 Edge cuma memakai antena yang mendukung internet berkecepatan LTE Cat. 9 atau up to 450 Mbps. Tetapi, toh ponsel buatan Samsung ini punya prosesor yang sedikit lebih canggih dan kemampuan internet bergantung pada ketersediaan dari operator.

Lalu, mengapa Sirin Labs menyematkan banderol harga hingga ratusan juta rupiah?

Ternyata, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Sabtu (4/6/2016), Solarin sengaja dirancang untuk orang-orang tertentu saja; segmen khusus. Mereka membuat Solarin sebagai alat komunikasi untuk para pebisnis kelas internasional yang sangat mendambakan keamanan.

Pembuatnya mengklaim ponsel 5,5 inci tersebut dibekali dengan teknologi enkripsi kelas militer sehingga tak gampang dibobol oleh peretas. Selain itu, ada juga sakelar keamanan khusus dan pemindai sidik jari yang disematkan di casing belakangnya.

Misalnya, pengguna sedang menelepon dan membicarakan hal yang sangat penting, cukup gerakkan sakelar tersebut untuk menyalakan mode keamanan khusus. Semua percakapan pun diklaim akan aman.

Dengan demikian, memang Solarin bukan ponsel untuk orang biasa. Penggunanya adalah orang yang memiliki informasi sangat sensitif dan kebocoran informasi tersebut bisa mengancam kerugian yang lebih besar dari sekadar Rp 190 juta.

Sekadar diketahui, selain spesifikasi dan kemampuan enkripsi tersebut, Solarin juga dibekali dengan kamera utama setajam 23,2 megapiksel. Ada juga casing berupa kulit yang diklaim buatan Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com