Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android "Hang" dan Tak Bisa Dipakai Sama Sekali, Ini Solusinya

Kompas.com - 06/06/2016, 13:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Android versi terbaru, prosesor termutakhir, dan menggunakan RAM 4 GB tak menjamin sebuah smartphone Android kebal masalah.

Masalah bisa muncul karena software atau hardware. Salah satu yang kerap terjadi adalah perangkat mengalami panas berlebih. Solusinya mudah, tinggal matikan perangkat.

Bagaimana jika ponsel Android Anda benar-benar "bengong" alias tidak ada respon sama sekali saat layar atau tombol fisik disentuh. Berbagai cara sudah dilakukan, namun ponsel tak kunjung hidup dan beroperasi normal.

Seandainya hal seperti itu terjadi, jangan panik. Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan, yaitu me-reset perangkat meski harus kehilangan seluruh data.

Untuk itu, diikuti langkah-langkah berikut ini, seperti yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (6/6/2016).

Phone Arena Tahan tombol volume bersamaan dengan tombol power untuk mengakses menu recovery Android
1. Pertama, masuklah ke menu Recovery. Caranya adalah mematikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol Power bersama-sama dengan tombol volume up, down atau keduanya.

Peletakan tombol-tombol tersebut bisa berbeda untuk setiap perangkat. Selain itu, tiap produsen handset menerapkan metode reset berbeda. Cara di atas merupakan metode umum yang banyak digunakan.

Phone Arena Pilih Wipe Data untuk menghapus seluruh data ponsel, seperti pada reset to factory setting
2. Setelah masuk ke dalam menu recovery akan terlihat banyak pilihan berjajar. Tampilan menu recovery ini berbeda-beda tergantun masing-masing produsen ponsel. Meskipun demikian setiap ponsel pasti dibekali fitur ini.

Kemudian darilah opsi bertuliskan Wipe Data. Fungsinya seperti reset to factory setting. Opsi tersebut memerintahkan penghapusan seluruh data yang ada di ponsel dan mengembalikannya pada mode default.

Phone Arena Setelah menghapus data, pilih reboot system now untuk kembali ke sistem operasi Android
3. Biasanya, sistem akan mengonfirmasi kembali tindakan penghapusan seluruh data dalam ponsel. Bentuknya antara lain dengan menampilkan banyak pilhan "No" dan hanya satu perintah bertuliskan "Yes, delete all user data".

Kali ini pilihlah "Yes" dan biarkan seluruh data dihapus. Proses penghapusan tersebut dapat memakan waktu beberapa menit dan selanjutnya Anda mesti memilih Reboot system now agar ponsel dapat kembali menjalankan sistem operasi Android.

Sebagai catatan, setelah menghapus dan menyalakannya kembali, ponsel akan perlu waktu lebih lama untuk menyala. Ini hal normal, jadi jangan panik dan tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com