Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Enkripsi Hitler Ditemukan Dijual Murah di eBay

Kompas.com - 06/06/2016, 16:10 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNN Money

KOMPAS.com — Seorang relawan dari National Museum of Computing di Bletchley Park, Inggris, menemukan sebuah bagian mesin enkripsi bersejarah dari masa Perang Dunia II di eBay.

Produk yang dimaksud adalah sebuah bagian dari teleprinter dengan merek Lorenz. Perangkat buatan militer Jerman tersebut digunakan oleh Adolf Hitler untuk berkomunikasi dengan para petinggi negara pada saat itu.

Komponen yang dijual itu sebenarnya berbentuk seperti sebuah mesin tik antik biasa. Sepintas, memang tidak ada yang spesial dari produk tersebut. Oleh karena itulah, si pemilik menjualnya dengan harga yang sangat murah, yakni hanya 14 dollar AS atau sekitar Rp 188.000.

"Satu dari rekan saya sedang menelusuri eBay dan menemukan sebuah teleprinter Lorenz buatan Jerman. Kemudian, kami membelinya, dan menuju ke Essex," ujar John Whetter, relawan dari museum tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari CNN Money, Senin (6/6/2016).

"Produk itu ada di sebuah kebun, diletakkan di bawah sejumlah sampah. Teleprinter tersebut ada di kotaknya," imbuhnya.

Komponen ini sebenarnya bisa dihubungkan dengan mesin pembuat sandi SZ42, satu perangkat yang digunakan Hitler untuk mengirimkan pesan rahasia kepada para petinggi militer.

Pihak museum membeberkan bahwa ada 200 unit Lorenz SZ42 selama masa Perang Dunia II. Namun, saat ini, hanya ada empat perangkat yang bertahan. Keberadaan mesin tersebut belum diketahui sampai tahun 1970-an lalu.

Pihak National Museum masih belum memiliki Lorenz secara utuh. Setelah menemukan komponen seperti mesin tik tersebut, pihak museum masih harus menemukan motor yang bisa membuat perangkat bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com