100 Juta Akun Media Sosial Diretas dan Dijual

Kompas.com - 07/06/2016, 10:48 WIB
Facebook-nya masyarakat Rusia diretas. Lebih dari 100 juta akun jadi korban. ViceFacebook-nya masyarakat Rusia diretas. Lebih dari 100 juta akun jadi korban.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Lebih dari 100 juta akun media sosial VK diretas. Meski tak populer secara global, namun platfrom tersebut digadang-gadang sebagai Facebook-nya masyarakat Rusia.

Pasalnya, VK adalah media sosial paling populer di negara bekas Uni Soviet tersebut. Semua fiturnya tampak identik dengan Facebook, mulai dari profil, galeri foto, tombol like, hingga kemampuan chatting.

VK sendiri didirikan oleh Pavel Durov yang juga menciptakan aplikasi pesan instan Telegram. Pada 2014 lalu, pengguna aktif VK sudah 100 juta orang.

Peretasan yang menimpa platform tersebut adalah ulah anonim yang menyebut dirinya Peace, sebagaimana dilaporkan Vice dan dihimpun KompasTekno, Selasa (7/6/2016).

Ia mengatakan 100 juta akun yang diretas telah dikumpulkan dalam kurun waktu dua tahun, yakni 2011 hingga 2013. Data akun yang mencakup nomor telepon, e-mail, dan password tersebut, dijual seharga 1 bitcoin atau setara 570 dollar AS (Rp 7,6 jutaan) di marketplace barang gelap RealDeal.

Peace mengklaim masih menyimpan 71 juta akun lainnya, tapi belum mau menjual ke pasar bebas. Untuk kasus ini, Durov maupun perwakilan VK enggan berkomentar.

Sebagai catatan, Peace sejatinya adalah warga Rusia. Sebelumnya, ia juga bertanggung jawab atas bocornya e-mail dan password 117 juta akun LinkedIn di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Vice News

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.