Kompas.com - 07/06/2016, 11:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg sempat membuat heboh jagat internet akhir minggu lalu lantaran akun miliknya di Twitter dan Pinterest dibajak oleh kelompok hacker tidak dikenal.

Password pendiri sekaligus CEO Facebook tersebut ditemukan para hacker lewat bocoran data pengguna situs LinkedIn yang beredar beberapa minggu lalu lalu.

Zuckerberg, sang raja medsos dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, ternyata menggunakan password sederhana yang terkesan konyol untuk melindungi akun-akunnya di jejaring sosial lain.

“Anda ada di dalam database LinkedIn dengan password ‘dadada’!” ujar kelompok hacker yang menamakan dirinya sebagai OurMine itu lewat akun Twitter Zuckerberg yang dibajak.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Newsweek, Selasa (7/6/2016), password “dadada”  itu ternyata tak hanya dipakai untuk akun LinkedIn Zuckerberg saja, melainkan turut digunakan untuk akun miliknya di berbagai layananan lain.

Para hacker turut menampilkan screenshot akun Pinterest Zuckerberg yang telah diambil alih dan diubah namanya menjadi “Hacked by OurMine Team”.

Twitter dan Pinterest segera bereaksi dengan menutup akun milik Zuckerberg di jejaring sosial masing-masing, sementara Facebook bergegas merilis pernyataan bahwa tindak pembajakan tersebut tidak terkait dengan sistem keamanan Facebook.

“Tak ada sistem atau akun Facebook yang diakses,” sebut seorang juru bicara Facebook.”Akun-akun yang terdampak telah diamankan kembali,” tambahnya.

Meski memiliki akun, Zuckerberg terbilang tidak aktif di jejaring sosial lain. Misalkan saja, akun Twitter miliknya hanya pernah berkicau sebanyak 19 kali sebelum dibajak. Dia terakhir kali mengunggah tweet pada tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.