Kompas.com - 07/06/2016, 16:03 WIB
Logo Samsung Venture BeatLogo Samsung
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tahun depan sepertinya bakal menandai inovasi besar-besaran dari industri smartphone. Salah satunya datang dari Samsung.

Perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan sudah menyiapkan desain paling beda dan unik untuk 2017. Samsung dikabarkan akan merilis dua smartphone yang layarnya bisa dilipat alias bendable.

Setidaknya, begitu menurut sumber yang familiar dengan rencana tersebut. Menurut dia, smartphone Samsung keluaran 2017 bakal mematrikan layar OLED yang fleksibel. Layar itu akan lebih tipis, memiliki warna yang lebih cerah, dan hemat baterai.

Sepintas, kata dia, desainnya menyerupai kemasan bedak wajah perempuan yang bisa dibuka dan ditutup kembali. Inovasi tersebut masuk dalam proyek Samsung yang diberi kode nama "Project Valley".

Kedua smartphone diharapkan meluncur pada Februari 2017, bertepatan dengan ajang MWC di Barcelona, Spanyol, sebagaimana dilaporkan Bloomberg dan dihimpun KompasTekno, Selasa (7/6/2016).

Sebenarnya, ide ponsel dengan layar bendable sudah ramai bergulir sejak 2013 silam. Kala itu, pada ajang ICS, Samsung memperkenalkan inovasi layar fleksibel buatannya.


Selain itu, vendor asal Korea Selatan lainnya Suwon dan startup China Moxi juga pernah sesumbar bakal merilis smartphone layar lipat. Hanya saja, hingga kini belum ada vendor yang benar-benar mewujudkan ponsel bendable secara komersil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung sendiri merupakan produsen komponen OLED terbesar untuk vendor smartphone. Karenanya, Samsung kerap membawa inovasi tampilan layar termutakhir.  

Salah satunya adalah layar lengkung alias edge yang pertama kali diperkenalkan pada lini Galaxy S6. Desain tersebut berbuah pujian dari banyak pengamat teknologi. Apakah Samsung juga akan jadi yang pertama merilis ponsel lipat? Kita tunggu saja.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.