Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirombak, Aplikasi Twitter di Android Mirip Gmail

Kompas.com - 08/06/2016, 12:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Twitter merombak tampilan aplikasinya di Android mulai hari ini, Rabu (8/6/2016). Sepintas, antarmukanya mirip dengan aplikasi-aplikasi bawaan Google semacam Gmail, Drive, dan Hangouts.

Fitur yang paling identik adalah akses ke menu navigasi. Pengguna bisa merasakan pengalaman yang benar-benar sama antara aplikasi Twitter dan Gmail, yakni dengan menggulir layar ke kanan.

Di Twitter, menu navigasinya menyediakan opsi untuk mengakses profil, Highlights, Connect, dan pengaturan, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (8/6/2016) dari keterangan resmi Twitter.

Kemiripan lain antara kedua platform bisa ditilik dari tombol bulat di sisi kanan bawah aplikasi. Pada Twitter, tombol itu memudahkan pengguna mengirim kicauan. Sama halnya di Gmail, tombol itu digunakan untuk menulis dan mengirim email dengan lebih cepat.

Twitter Twitter rombak antarmuka aplikasinya di Android.

Pembeda desain aplikasi Twitter dan Gmail di Android hanya terletak pada tab bar di bagian atas layar mikroblog bernuansa biru. Tab bar tersebut memiliki fungsi geser, sehingga pengguna dapat berpindah dari linimasa, notifikasi, dan direct messages dengan sigap.

Sebelumnya, saat ingin berpindah dari satu laman ke laman lainnya, pengguna Twitter di Android harus menekan ikon masing-masing.

Desain baru Twitter di Android secara garis besar lebih mudah dinavigasikan, simpel, dan praktis. Untuk menikmatinya, Anda harus memperbarui aplikasi ke versi teranyar melalui Google Play Store.

Setelah update, beberapa di antara pengguna akan melihat desain yang tak berubah. Pasalnya, pembaruan ini memang dilakukan secara perlahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com