Agar Tak Diretas seperti Zuckerberg, Hindari 10 "Password" Ini

Kompas.com - 09/06/2016, 03:31 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg, sebagai salah seorang petinggi perusahaan internet ternama, ternyata tidak memilih password yang terlalu ribet, bahkan relatif mudah untuk diterka.

Zuckerberg, sang raja medsos, ternyata menggunakan password, "dadada". Ya, sesederhana itu.

Baca: Ini Dia, Password Pendiri Facebook yang Dicuri Hacker

Password yang digunakan oleh suami dari Priscilla Chan itu diketahui setelah password basis data LinkedIn miliknya, beserta ribuan pengguna lainnya, didapatkan oleh sekelompok hacker yang menamakan dirinya OurMine Team.

Setiap orang tentunya memiliki alasan masing-masing akan password yang dipilihnya. Namun, terkadang password yang dipilih tersebut terlalu umum dan gampang ditebak.

Kasus Zuckerberg sendiri seperti ingin membuka mata bagi siapa saja untuk tidak membuat password yang sederhana.

Memang kelompok OurMine mendapatkan password milik pendiri Facebook tersebut melalui penyebaran password (password dump) LinkedIn yang disebar pada 2012 lalu. Namun, setidaknya pengguna internet harus membuat password sekompleks mungkin agar tidak mudah ditebak.

Lantas, password apa yang sebaiknya dihindari? SplashData baru-baru ini merilis daftar password yang paling sering digunakan netizen.

Dikutip dari Independent, Kamis (9/6/2016), tiap tahunnya SplashData membuat daftar password yang mudah dibobol tersebut. Password itu dikumpulkan oleh SplashData dari klien mereka yang akunnya dibobol peretas.

Lalu, password yang paling banyak ditebak sepanjang 2015? Jawabannya adalah "123456". Password ini masih paling banyak digunakan sejak tahun 2014 silam.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.