Huawei Sesumbar Bakal Tumbangkan Apple dan Samsung

Kompas.com - 09/06/2016, 15:54 WIB
Suasana peluncuran Huawei P9 di London, Rabu (6/4/2015). KOMPAS/PIETER GEROSuasana peluncuran Huawei P9 di London, Rabu (6/4/2015).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Data penjualan ponsel global untuk kuartal-I 2016 yang dipublikasikan lembaga riset pasar Gartner bulan lalu menempatkan Huawei sebagai pabrikan ponsel terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.

CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, pun merasa yakin, pihaknya bisa menumbangkan Apple dan Samsung dalam waktu 5 tahun ke depan untuk menjadi pabrikan smartphone terbesar dengan pangsa pasar lebih dari 25 persen.

"Kami ingin jadi pembuat smartphone nomor satu di dunia. Ini balapan jangka panjang, dan kami punya kesabaran," kata Yu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (9/6/2016).

Sebagai perbandingan, data dari Gartner menunjukkan bahwa pada kuartal-I 2016, Huawei memiliki pangsa pasar sebesar 8,3 persen, sementara Apple dan Samsung masing-masing menguasai 15 persen dan 23 persen. Perolehan market share Huawei naik dari setahun sebelumnya yang tercatat sebesar 5,4 persen.

Selain mendorong pertumbuhan pangsa pasarnya, Huawei juga lebih memfokuskan diri ke produk high-end, seperti ponsel flagship P9 yang ditelurkan melalui kerja sama dengan pabrikan kamera Jerman, Leica.

"Pertumbuhan kami terutama diperoleh dari pasar high-end dan premium," ujar Yu. "Kalau ingin jadi vendor terdepan, Anda harus memimpin pasaran high-end."

Huawei juga rajin berinvestasi untuk menambah portofolio paten demi bersaing melawan Apple dan Samsung di pasar internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun lalu, Huawei menggelontorkan 9,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 122,1 triliun untuk dana riset dan pengembangan, lebih tinggi dibanding Apple (8,1 miliar dollar AS atau Rp 107,5 triliun), tetapi masih lebih sedikit dari Samsung (12,5 miliar dollar AS atau Rp 166 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.