Resmi, Lenovo Phab 2 Pro Jadi Smartphone "Tango" Pertama di Dunia

Kompas.com - 10/06/2016, 01:11 WIB
Lenovo meresmikan ponsel Project Tango pertama di dunia di acara Tech World 2016 di San Francisco, AS, Kamis (9/6/2016). Reska K. Nistanto/Kompas.comLenovo meresmikan ponsel Project Tango pertama di dunia di acara Tech World 2016 di San Francisco, AS, Kamis (9/6/2016).
|
EditorReza Wahyudi

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Setelah lama menjadi rumor, smartphone berteknologi Project "Google" Tango akhirnya diresmikan Lenovo. Ponsel Android tersebut dinamai Phab 2 Pro.

Dengan ini Phab 2 Pro menjadi ponsel serta perangkat pertama di dunia dengan kemampuan Project Tango. Sebagai perangkat Tango, Phab 2 Pro bisa memindai obyek 3 dimensi dan meletakkan benda virtual di dalam ruangan melalui layar ponsel (augmented reality).

"Kemampuan Tango bisa diterapkan dalam keseharian, seperti untuk menavigasi, visualisasi, dan untuk gaming," ujar Jeff Meredith, General Manager & VP Head of Android Chroe Computing Business Group Lenovo di panggung Tech World 2016 di San Francisco, AS, Kamis (9/6/2016).

Perbedaan ponsel Android biasa dengan ponsel berkemampuan Project Tango, dijelaskan Jeff, adalah terletak di bagian kameranya. Ponsel Tango dilengkapi dengan kamera sudut lebar 160 derajat dengan kemampuan motion tracking dan kamera yang bisa merasakan jarak (depth camera).

"Tango bisa mengenali konsep ruang dan jarak, sehingga tahu apa saja yang ada di sekelilingnya, itulah yang memperkaya Tango," tutur Jeff, seperti dilaporkan wartawan Kompas.com Reska K. Nistanto.

Untuk lebih mudahnya memahami Tango dalam kehidupan sehari-hari, bayangkan Anda sedang mencari suatu tempat, seperti terminal atau stasiun kereta. Dengan project Tango, peta yang ditampilkan di layar ponsel adalah peta 3 dimensi yang bisa dijelajahi.

Kemampuan yang sama juga dihadirkan untuk mal-mal dan museum. Pengguna bisa melakukan tur virtual di dalam ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain fungsi navigasi, Tango juga memiliki fungsi visualisasi. Bayangkan Anda sedang ingin merenovasi rumah dan ingin melihat hasilnya seperti apa secara virtual. Anda bisa memindai ruangan dalam rumah dan meletakkan obyek-obyek tertentu dalam ruangan secara virtual, sehingga bisa tahu persis seberapa luas ruang sebelum membeli furnitur.

"Anda bisa melihat lebih dahulu seperti apa ruangan itu nanti jadinya," tutur Jeff.

Kemampuan ketiga adalah gaming. Seiring dengan meningkatnya tren virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), game dengan kemampuan AR akan memberikan pengalaman gaming yang berbeda.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.