Suka Kesal saat Main "Game" di Ponsel? Ini Solusinya!

Kompas.com - 10/06/2016, 04:19 WIB
Main game di ponsel kadang membuat kesal. THINKSTOCKPHOTOSMain game di ponsel kadang membuat kesal.
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Coba bayangkan, saat sedang asyik memainkan game favorit di smartphone Anda, tiba-tiba notifikasi berhamburan muncul di layar. Konsentrasi jelas jadi terpecah. Akan semakin mengesalkan bila itu terjadi saat Anda sedang berada di momen penentu untuk naik level di game tersebut.

Bermain game lewat ponsel pintar—walau terkesan praktis—ternyata sering juga mendatangkan banyak problema. Hujan notifikasi hanya satu dari banyak persoalan yang kerap terjadi dan sama-sama membuat kesal.

Apa saja persoalan itu? Lalu adakah cara untuk mengatasi atau setidaknya meminimalkan persoalan tersebut?

Baterai loyo

Aktivitas untuk komunikasi sehari-hari saja sebenarnya sudah cukup menguras daya baterai smartphone. Bagaimana tidak bila kebanyakan pengguna ponsel aktif di lebih dari satu aplikasi media sosial dan layanan pesan atau instant messaging, belum lagi kebutuhan foto dan video.

Bagi penggemar game, masalah jadi kian rumit. Bermain game—terutama game 3D—sangat menguras daya hidup telepon genggam. Powerbank yang dianggap solusi paling ampuh untuk masalah ini pun kenyataannya malah membuat daya tahan baterai smartphone melemah jika terlalu sering mengandalkan peranti itu.

THINKSTOCKPHOTOS Sebisa mungkin hindari pemakaian powerbank untuk men-charge handphone.

Pasalnya, powerbank tak mampu mengalirkan daya yang stabil sesuai spesifikasi smartphone. Terlebih lagi, kini di pasaran bertebaran powerbank abal-abal dengan kualitas rendah. Kalau powerbank yang bagus saja masih berisiko untuk konsumsi baterai, masih mau bertaruh pada powerbank dengan kualitas buruk?

Sebaiknya, para gamer perlu menyadari bahwa kebutuhan ponsel pintar mereka memang sedikit berbeda dibandingkan kebanyakan pengguna gadget. Bila memang pemain game profesional, sebaiknya smartphone yang dipakai untuk memainkannya sudah ditunjang mode power saving dan cooling system.

Kedua fitur itu akan memberikan peluang baterai lebih awet dan sekaligus smartphone tak cepat panas. Soal pengisian ulang daya baterai, lebih baik memakai gadget dengan fitur fast charging daripada bergantung kepada powerbank.

Biasakan pula mengisi ulang daya baterai langsung dari jaringan listrik. Powerbank sebaiknya benar-benar hanya dipakai kala kepepet. Akan lebih baik lagi bila sejak awal smartphone untuk bermain game sudah didukung baterai dengan kapasitas besar, 3.600 mAh.

"Lemot"

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X