Kompas.com - 10/06/2016, 16:46 WIB
Ilustrasi fitur penghemat baterai browser Opera OperaIlustrasi fitur penghemat baterai browser Opera
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Konsumsi konten di internet via browser kerap bisa menguras baterai laptop dan meningkatkan suhu perangkat tersebut. Dua masalah itu coba diatasi oleh peramban Opera versi 38 yang baru saja dirilis

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (9/6/2016), Opera menyematkan fitur battery saver dalam update anyar tersebut.

Berbekal fitur battery saver dan pemblokir iklan yang sudah dibenamkan sebelumnya, Opera mengklaim perambannya bisa memperpanjang masa pakai laptop hingga 50 persen lebih lama dibandingkan browser Chrome saat dipakai menjelajah internet.

Selain lebih hemat baterai, temperatur baterai laptop juga diklaim bakal turun hingga 3 persen lebih dingin sehingga turut membikin suhu komputer jadi lebih sejuk.

Bagaimana cara opera menghemat pemakaian baterai? Menurut penjelasan di situs Opera, hal ini dilakukan dengan beberapa langkah, di antaranya mengurangi aktivitas di background tab, menghentikan plug-in yang sedang tidak aktif dan mengurangi konten  video menjadi 30 frame per detik.

Demonstrasi dari klaim tersebut dapat disimak dalam tayangan video di bawah. Opera versi 38 bisa diunduh melalui tautan berikut. Fitur battery saver dapat diaktifkan dengan mengklik ikon baterai di pojok kanan atas tampilan jendela browser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.