Pengembang Aplikasi dan Pengguna iOS Sama-sama Suka

Kompas.com - 10/06/2016, 18:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple merombak sistem App Store yang membuat developer dan pengguna sama-sama suka. Toko aplikasi untuk iOS tersebut bakal lebih ramah dan menguntungkan bagi pengembang aplikasi dan pengguna. Setidaknya, begitu yang diumbar sang pabrikan Cupertino.

Ada tiga sistem yang dipermak, yakni birokrasi prosedural sebelum aplikasi dipublikasikan, model bisnis bagi pengembang, dan pencarian aplikasi oleh pengguna.

Menurut Vice President of Marketing Apple Phill Schiller, prosedur penyeleksian aplikasi akan lebih mudah dan cepat. Sebelumnya, Apple butuh waktu lima hari sebelum memutuskan suatu aplikasi layak tersedia di App Store atau tidak.

Kini, proses itu hanya akan berlangsung sehari, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (10/6/2016).

Percepatan itu memang belum bisa dinikmati semua pengembang. Schiller mengatakan, baru 50 persen pengajuan aplikasi yang sudah bisa kelar dalam satu hari. Sisanya kurang lebih rampung dalam dua hari.

Soal model bisnis, Apple akan memberikan porsi pemasukan lebih bagi pengembang. Selama ini, pendapatan dari aplikasi berbayar akan masuk ke rekening pengembang sebanyak 70 persen. Sisanya sebesar 30 persen masuk ke kas Apple.

Dalam waktu dekat, skema itu akan menjadi 85 persen dan 15 persen. Pengembang mendapat 85 persen dan Apple meraup 15 persen.

Bagi pengguna, antarmuka App Store akan sedikit berbeda. Menurut Apple, pengguna bakal mendapatkan pengalaman mencari aplikasi yang lebih menyenangkan.

Pasalnya, aplikasi yang telah diinstal tak akan lagi muncul. Jadi, saat mengeksplor aplikasi, pengguna hanya akan melihat hal-hal baru.

Ada juga tab Categories yang akan ditambahkan. Diketahui, tab tersebut sudah sejak dulu hadir di Play Store milik Google yang merupakan rumahnya aplikasi-aplikasi Android.

Pembaruan ini tak berlaku serentak. Yang jelas, kata Apple, ketiganya bakal dirasakan pengembang dan pengguna dalam beberapa bulan ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.