Menyamar Jadi Pegawai, Pria Ini Bikin Apple Rugi Rp 213 Juta

Kompas.com - 11/06/2016, 10:38 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seorang pria mencuri 19 unit iPhone yang dijual di Apple Store pusat perbelanjaan SoHo, New York, AS. Ia mengelabui tim keamanan toko dengan berdandan ala pegawai Apple.

Total kerugian Apple dari aksi pencurian tersebut dilansir mencapai 16.000 dollar AS atau setara Rp 213 jutaan, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (11/6/2016).

Modus pencurian serupa pernah dilakukan tahun lalu di sebuah Apple Store yang juga terletak di New York, AS. Kala itu jumlah iPhone yang diembat bahkan lebih banyak, yakni 67 unit.

Belum ada keterangan lebih lanjut apakah pencurian baru-baru ini terkait dengan tindak kriminal di tahun sebelumnya.

Yang jelas, insiden teranyar terjadi pada 1 Juni 2016 pukul setengah enam sore. Pelaku mengenakan kaos biru gelap berlogo Apple. "Kostumnya benar-benar mirip pegawai," kata polisi.

Pelaku kemudian menyomot iPhone yang terletak di ruang perbaikan toko. Ia memasukkan 16 unit itu ke dalam baju, lalu memberikannya ke rekan yang telah menunggu.

Hingga sekarang, polisi masih menginvestigasi aksi pencurian ini. Apple sendiri belum berkomentar soal kebobolan yang sama untuk kedua kalinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampaknya sang pabrikan Cupertino perlu membuat sistem keamanan toko yang lebih tangguh. Atau, Apple setidaknya perlu merombak seragam pegawai Apple Store agar tak gampang ditiru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.