Kompas.com - 11/06/2016, 15:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Ponsel model tertinggi dari LG, G5, tidak masuk pasaran Indonesia. Sebagai gantinya, pabrikan asal Negeri Ginseng ini menghadirkan G5 SE yang duduk setingkat di bawah dengan beberapa perbedaan hardware dan harga lebih murah.

Head of Mobile Communications Division LG Electronics Indonesia Hee Gyun Jang menerangkan bahwa, selain Indonesia, ada tiga negara lain yang kebagian G5 SE, yakni Brasil, Meksiko, dan Rusia. Keempat negara dinilai memiliki kondisi pasar yang serupa.

“Ekonominya maju, tapi situasinya sedikit berbeda. Karenanya kami memilih untuk merilis G5 SE supaya  bisa menyediakan perangkat bagus yang terjangkau oleh lebih banyak orang. Itulah alasan sebenarnya,” ujar Jang ketika berbicara dalam sebuah media briefing yang digelar LG di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Baca: Mengintip Paket Penjualan LG G5 SE Made in Indonesia

LG G5 SE dibanderol seharga Rp 8 juta di pasaran Indonesia, lebih murah dibandingkan G5 versi “reguler” yang menurut Jang bakal dihargai tinggi di kisaran Rp 9,5 juta apabila masuk pasar Indonesia.

“Rp 9,5 juta itu harga G5 untuk pasaran internasional. Di Korea Selatan harganya juga di dipatok di angka itu, tepatnya 836.000 Won,” imbuh dia.

LG G5 SE bisa dipasarkan dengan harga lebih murah lantaran memiliki prosesor dan kapasitas RAM yang berbeda dibandingkan G5. Sebagai flagship, G5 dipersenjatai prosesor Snapdragon 820 dan RAM 4 GB, sementara G5 SE memiliki chip Snapdragon 652 dan RAM 3 GB.

Selain dua komponen di atas, spesifikasi G5 dan G5 SE bisa dibilang identik. Keduanya memiliki bentuk fisik yang sama, berikut fitur-fitur yang sama pula, mencakup pemindai sidik jari, kamera ganda dengan lensa normal dan wide, serta modul dan baterai perangkat yang bisa diganti-ganti.

Salah paham

Jang tak menampik bahwa spesifikasi G5 SE yang lebih rendah membuat ponsel ini dipandang remeh oleh sebagian kalangan di Indonesia. Apalagi, menurut dia, G5 SE sempat menimbulkan salah paham yang berakar pada persoalan harga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.