Kompas.com - 11/06/2016, 18:45 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android N. Tech RadarIlustrasi sistem operasi Android N.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Smartphone telah menjadi alat yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perangkat pintar ini pun menyimpan aneka macam data sensitif pemiliknya yang rawan diakses pihak tak bertanggung jawab.

Karena itu, untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan, ponsel sebaiknya diamankan lewat sejumlah fitur sekuriti yang tersedia dan bisa diaktifkan dengan mudah.

Untuk para pengguna ponsel Android, Google menjabarkan langkah-langkah pengamanan yang bisa dilakukan. Berikut ini selengkapnya, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Sabtu (11/6/2016).

1. Aktifkan screen lock

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Android menyediakan sejumlah opsi screen lock untuk mengamankan perangkat.
Yang satu ini terdengar sepele, namun bisa menyelamatkan data-data dalam ponsel dari tangan jahil. Banyak pengguna sudah mengaktifkan screen lock alias pengunci layar.

Jika belum, screen lock bisa diaktifkan dengan mengunjungi aplikasi Settings > Security > Screen lock. Pengguna bisa memilih metode pengunci yang diinginkan, apakah berupa PIN, password atau pola yang mesti digambar dengan jari.

Beberapa perangkat juga menyediakan opsi screenlock dengan pemindai sidik jari. Biasanya pengaturan fingerprint tersebut bisa ditemukan di dalam menu security, atau di bawah menu lain yang berbeda dalam aplikasi Settings.

Baca: Aplikasi Google Beri Saran Aplikasi Android yang Perlu Dihapus

2. Nyalakan Android Device Manager

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampilan Android Device Manager saat dipakai lewat peramban desktop.
Android Device Manager bisa digunakan untuk melacak posisi perangkat yang hilang serta menghapus data-data di dalamnya agar tak dibongkar dan diintip orang lain.

Untuk menyalakannya, buka aplikasi Google Settings (ditandari dengan ikon huruf “g”) > security, lalu nyalakan opsi “remotely locate this device” dan “Allow remote lock and erase”.

Pastikan juga location services perangkat juga dinyalakan dengan mengunjungi aplikasi Settings > Location.  Untuk mengakses Android Device Manager, lakukan login dengan akun Google di laman ini lewat peramban desktop.

Baca: 8 Fitur Tersembunyi di WhatsApp

3. Tambahkan informasi pengguna di layar

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Apabila diinginkan, pengguna bisa menampilkan informasi kontak di lockscreen.
Informasi pribadi seperti alamat e-mail atau nomer telepon yang bisa dikontak bisa ditampilkan di lockscreen.

Siapa tahu perangkat hilang dan ditemukan oleh orang baik yang berniat mengembalikan. Cara melakukannya mudah saja, cukup buka aplikasi Settings > Security > Owner Info.

Baca: 5 Fitur Rahasia di Facebook

 

 

 

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X