Kompas.com - 12/06/2016, 08:46 WIB
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016). Oik Yusuf/KOMPAS.comPendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016).
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook resmi meluncurkan dukungan untuk foto 360 derajat pada jejaring sosialnya. Fitur ini telah diuji coba sejak awal Mei 2016.

"Anda kini bisa melihat foto 360 derajat dan merasakan pengalaman benar-benar hadir di suatu tempat," kata CEO Mark Zuckerberg lewat akun Facebook personalnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (12/6/2016).

Yang menarik, pengguna tak perlu memiliki kamera 360 derajat khusus untuk membuat konten yang hendak dibagi ke Facebook. Pengguna bisa memanfaatkan kamera pada smartphone atau tablet, dengan mengaktifkan mode panorama.

Sistem Facebook akan otomatis mengubah semua foto panorama ke dalam tampilan 360 derajat. Jadi, siapa saja bisa membuat foto multi-angle di jejaring sosial bernuansa biru ini.

Sementara itu, pengguna bisa menikmati konten 360 derajat via smartphone, PC, maupun headset realitas virtual alias virtual reality (VR).

Di smartphone, pengguna cukup menggoyang perangkat ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Foto akan menampilkan keseluruhan perspektif. Jika ingin menikmati via PC, pengguna memerlukan kursor untuk menggulir layar ke berbagai sudut pandang.

Pengalaman paling memukau diakomodir oleh perangkat VR. Pengguna cukup mengarahkan kepala ke berbagai arah, sesuai perspektif yang ingin dilihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, Facebook memang sedang gencar mempromosikan teknologi VR. Zuckerberg meyakini bahwa VR adalah masa depan industri teknologi.

Saat ini, Facebook sampai mengakuisisi startup Oculus untuk membuat headset dan software VR. Tak cuma Facebook, perusahaan besar lain seperti Samsung, Google, HTC, LG, dan Asus pun membuat meramaikan industri VR. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Facebook

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.