Ini Dia Pertanyaan Penentu Diterima Kerja di Twitter

Kompas.com - 13/06/2016, 11:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com  CEO Twitter Jack Dorsey mempunyai pertanyaan pamungkas setiap kali mewawancarai calon pekerja. Menurut dia, pertanyaan itu bisa langsung menentukan apakah seseorang pantas diterima atau tidak.

Pertanyaan itu tak merujuk pada kecerdasan otak atau pengetahuan umum. Bahkan, bisa dibilang pertanyaan itu sangat simpel dan cenderung sepele.

"Kenapa Anda ada di sini?" begitu pertanyaan yang akan dilontarkan Dorsey, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Senin (13/6/2016).

Dorsey yakin bahwa keahlian bisa diasah, tetapi karakter sulit dibentuk. Oleh karena itu, ia ingin memastikan bahwa setiap pekerjanya memiliki karakter yang kuat.

"Jika saya melihat jawabannya mengisyaratkan hasrat yang sesuai dengan tujuan perusahaan, saya tahu skill bisa dilatih," kata dia.

Menurut pria yang juga menjadi CEO Square ini, orang yang memiliki hasrat alias passion dalam bekerja akan selalu sukses dan mencapai keinginan mereka. Jika tidak, Dorsey yakin orang tersebut hanya akan menjadi benalu untuk keseluruhan tim kerja.

Selain terkait passion, kriteria pekerja Dorsey juga harus mampu melengkapi pekerja lainnya. Ia akan mencari orang-orang dengan karakter kuat, tetapi kepribadiannya berbeda-beda.

Menurut dia, kunci sukses membangun bisnis adalah tim kerja, bukan banyaknya modal atau investor. Karena itu, Dorsey akan sangat berhati-hati saat mewawancarai kandidat pegawai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.