Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Pertanyaan Penentu Diterima Kerja di Twitter

Kompas.com - 13/06/2016, 11:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com  CEO Twitter Jack Dorsey mempunyai pertanyaan pamungkas setiap kali mewawancarai calon pekerja. Menurut dia, pertanyaan itu bisa langsung menentukan apakah seseorang pantas diterima atau tidak.

Pertanyaan itu tak merujuk pada kecerdasan otak atau pengetahuan umum. Bahkan, bisa dibilang pertanyaan itu sangat simpel dan cenderung sepele.

"Kenapa Anda ada di sini?" begitu pertanyaan yang akan dilontarkan Dorsey, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Senin (13/6/2016).

Dorsey yakin bahwa keahlian bisa diasah, tetapi karakter sulit dibentuk. Oleh karena itu, ia ingin memastikan bahwa setiap pekerjanya memiliki karakter yang kuat.

"Jika saya melihat jawabannya mengisyaratkan hasrat yang sesuai dengan tujuan perusahaan, saya tahu skill bisa dilatih," kata dia.

Menurut pria yang juga menjadi CEO Square ini, orang yang memiliki hasrat alias passion dalam bekerja akan selalu sukses dan mencapai keinginan mereka. Jika tidak, Dorsey yakin orang tersebut hanya akan menjadi benalu untuk keseluruhan tim kerja.

Selain terkait passion, kriteria pekerja Dorsey juga harus mampu melengkapi pekerja lainnya. Ia akan mencari orang-orang dengan karakter kuat, tetapi kepribadiannya berbeda-beda.

Menurut dia, kunci sukses membangun bisnis adalah tim kerja, bukan banyaknya modal atau investor. Karena itu, Dorsey akan sangat berhati-hati saat mewawancarai kandidat pegawai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com