Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BRANDZVIEW

Catat... 5 Aplikasi Lokal yang Bisa Bikin Sehat Selama Puasa!

Kompas.com - 13/06/2016, 19:02 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com -
Perubahan jam istirahat dan makan selama bulan Ramadhan bisa berdampak pada metabolisme tubuh. Jika tidak mengimbanginya dengan asupan makanan bergizi saat berbuka puasa dan sahur, tubuh Anda bisa rentan terkena penyakit.

Selain makanan bergizi, perbanyaklah juga konsumsi air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan. Menurut ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Sri Sukmaniah, air putih adalah cairan terbaik untuk tubuh kita.

"Air putih adalah cairan paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita, karena air tidak mengandung pemanis (kalori), pewarna bahkan pengawet (preservative),” ujar Sukmaniah kepada Kompas.com, Senin (15/6/2015).

Namun, bila kondisi kesehatan sudah mulai menurun segeralah berobat atau berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kondisi semakin parah. Sayangnya, jam operasional dokter dan rumah sakit yang berbarengan dengan jam kerja kantor menjadi penghambat bagi karyawan.

Berkonsultasi dengan dokter biasanya juga memakan waktu tak sedikit, karena harus antre bersama pasien yang ingin berobat. Apalagi saat sedang menjalankan ibadah puasa, aktivitas menunggu lama biasanya menguras energi.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi kesehatan pada mobile phone yang dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan.

Nah, berikut ini lima aplikasi kesehatan buatan anak negeri untuk memantau kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa.

1. Mediku

Jangan panik, jika tiba-tiba Anda merasa pusing atau mual saat sedang menjalankan ibadah puasa. Aplikasi Mediku bisa jadi solusi untuk mendeteksi keluhan sakit Anda itu.

Setelah menginstal aplikasi ini, Anda tinggal mengisi data diri, lalu meng-input keluhan yang dirasakan itu. Aplikasi tersebut akan menampilkan beberapa hasil diagnosa penyakit serta berapa besar probabilitas Anda terkena penyakit tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna bagi Anda yang harus mengonsumsi obat saat menjalankan ibadah puasa. Fitur reminder obat dapat Anda gunakan untuk mengingatkan waktu minum obat saat sahur dan waktu buka puasa tiba.

2. Konsula

Dengan aplikasi ini Anda bisa berkonsultasi atau chat langsung dengan dokter dari ponsel pintar Anda. Berbagai keluhan kesehatan pun bisa Anda sampaikan tanpa perlu datang ke klinik atau rumah sakit.

Ilustrasi.

Jika tak puas, aplikasi untuk platform Android ini memungkinkan Anda membuat janji bertemu dengan dokter. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari antrean panjang saat datang ke rumah sakit atau klinik.

3. AloDokter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com