Selamat Tinggal OS X, Selamat Datang macOS Sierra

Kompas.com - 14/06/2016, 08:16 WIB
Tampilan macOS Sierra pada Mac. Newsroom AppleTampilan macOS Sierra pada Mac.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sistem operasi OS X untuk Mac resmi berganti nama jadi macOS. Perubahan nama sistem operasi untuk perangkat komputer Apple ini diumumkan pada acara kumpul pengembang tahunannya, WWDC 2016 di San Francisco, AS.

Sierra dipilih menjadi nama perdana dari macOS. Beberapa pembaruan pun diboyong pada macOS Sierra. Salah satu yang paling mencolok adalah integrasi dengan asisten digital, Siri.

Berikut beberapa fitur baru dari macOS Sierra yang dihimpun KompasTekno, Selasa (14/6/2016) dari laman newsroom resmi Apple.

1. Debut Siri di Mac

Sebelumnya, Siri hanya unjuk gigi di perangkat mobile Apple. Kini, pengguna Mac bisa  "ngobrol" dengan asisten digital pintar itu.

Apple memodifikasi kemampuan Siri khusus untuk pengguna desktop. Asisten itu mudah diakses dari menu bar atau keyboard. Pengguna bisa mencari informasi, file, atau mengirim email dengan perintah suara ke Siri.

Siri juga bisa memindahkan dokumen yang dikerjakan pengguna pada malam sebelumnya ke folder yang diinginkan. Selain itu, Siri bisa membantu mengatur pertemuan bisnis di Calendar atau memulai obrolan video via FaceTime.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan diboyongnya Siri ke Mac, maka tokoh maya itu kini ada di semua ekosistem Apple: iOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

2. Dokumen tersedia di semua perangkat

Pada prinsipnya, macOS Sierra mirip dengan Windows 10 dalam hal integrasi antar perangkat Apple. Pengguna bisa menyimpan dokumen di folder Mac untuk kemudian mengaksesnya di iPhone atau iPad, dengan format yang disesuaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.