Microsoft Rilis Xbox One S Termungil, Harganya?

Kompas.com - 14/06/2016, 10:41 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sempat bocor, Microsoft akhirnya merilis varian baru dari konsol Xbox One. Raksasa software tersebut memanfaatkan hingar bingar pameran game E3 di Los Angeles, AS, untuk memperkenalkan konsol yang disebutnya sebagai Xbox One S itu.

Lantas, apa yang beda dari Xbox One S dari varian sebelumnya? Konsol yang satu ini hadir dengan dimensi yang lebih kecil.

Microsoft mengungkapkan bahwa perangkat ini 40 persen lebih kecil dari Xbox One versi original. Bahkan, Xbox One S digadang-gadang sebagai Xbox termungil yang dimiliki oleh Microsoft.

Selain itu, masih dari segi fisik, Xbox One S bakal hadir dalam balutan warna putih. Berbeda jauh dari Xbox One yang identik dengan warna hitam.

Konsol mungil ini juga dilengkapi stand vertikal, sehingga tak perlu lagi diletakkan secara horizontal.

Tidak hanya dari segi fisik, Microsoft juga memberikan upgrade minor dari segi kemampuan ketimbang generasi sebelumnya. Salah satu yang paling menonjol, Xbox One S mendukung pemutaran video, bukan game, 4K Ultra HD (termasuk 4K Ultra HD Blu-ray).

Ada juga kemampuan untuk menampilkan gambar HDR. Untuk fitur yang satu ini, kemampuan tersebut ditujukan bagi video dan juga game.

"Pada awalnya, Xbox One S bagi kami merupakan realisasi, kami ingin membuat Xbox yang lebih kecil, tetapi ada juga beberapa kemampuan yang mulai bertumbuh di pasar seputar HDR dan video 4K," ujar Phil Spencer, pimpinan divisi Xbox Microsoft, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (14/6/2016).

Tidak hanya konsolnya saja yang diperbarui, Microsoft juga sedikit mengubah kontroler dari konsol tersebut. Kontroler game baru itu menggunakan warna putih yang sama dengan sang konsol. Ada juga sedikit tekstur di bagian belakang agar pengontrol dalam game ini tidak terlalu licin.

Xbox One S sendiri bakal dipasarkan dengan harga 299 dollar AS atau sekitar Rp 3,9 juta untuk versi 500 GB dan banderol 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,6 juta untuk versi 1 TB.

Ada juga edisi spesial yang hadir dengan media penyimpanan berkapasitas 2 TB dengan harga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.