Kompas.com - 15/06/2016, 18:34 WIB
Layanan pesan instan Facebook Messenger FacebookLayanan pesan instan Facebook Messenger
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook agaknya ingin menguasai seluruh aktivitas pertukaran pesan di Android. Jejaring tersebut meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim chatting dan SMS lewat satu platform, yakni Messenger.

Dengan kata lain, tampilan antarmuka kedua aplikasi dikombinasikan jadi satu. Hanya saja, mayoritas fitur spesial pada Messenger tak bisa digunakan untuk mengirim SMS.

Cuma satu fitur yang bisa digunakan, yakni stiker. Pengguna bisa mengirim SMS dengan menyematkan stiker-stiker lucu dari Messenger.

Fitur ini sudah diuji sejak Februari lalu dan kini mulai meluncur untuk beberapa pengguna Android, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (15/6/2016).

Kemampuan baru pada Messenger ini dinamai Chat Heads. Sesuai tajuknya, semua pesan diklaim bakal tersusun apik dan muncul dengan notifikasi yang tampil di kepala layar.

Facebook meyakinkan pengguna tak perlu khawatir dengan isu privasi. Server Facebook tak akan tahu pertukaran SMS pengguna. Semuanya terjadi secara lokal di ponsel pengguna.

Pasalnya, SMS dan chatting Messenger tetap merupakan dua unsur terpisah. Hanya antarmukanya saja yang dibuat seakan menyatu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pimpinan Facebook Messenger David Marcus mengatakan integrasi antarmuka SMS dan chatting Messenger akan dinikmati hampir di semua negara. Namun belum jelas negara mana saja yang dimaksud dan kapan pembaruan ini bisa tersebar luas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.