Investasi "Software" atau "Hardware" Ponsel 4G Harus Adil

Kompas.com - 16/06/2016, 11:30 WIB
Pabrik perakitan ponsel Smartfren Andromax oleh vendor elektronik Haier di China. Icha Rastika/Kompas.comPabrik perakitan ponsel Smartfren Andromax oleh vendor elektronik Haier di China.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com -  Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) menyambut baik perubahan skema investasi untuk pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri ( TKDN) ponsel 4G.

Perubahan skema kali ini hanya menawarkan dua pilihan, yaitu vendor berinvestasi 100 persen di segi software atau hardware saja.

Namun, Wakil Ketua AIPTI, Lee Kang Hyun mengatakan, keseimbangan bobot antara investasi software dan hardware mesti diperhatikan, alias adil di antara vendor.

“Ada 17 persahaan yang sudah investasi hardware di Indonesia, walau itu menjadikan biaya produksi ponsel jadi lebih mahal dibanding impor," terang pria yang akrab disapa Mr Lee itu saat dihubungi KompasTekno, Kamis (16/6/2016).

"Jadi kalau memberikan (izin TKDN) 100 persen software, harusnya seimbang dan adil dengan (perusahaan) yang sudah berinvestasi di bidang hardware,”

Yang dimaksud adil oleh Kang Hyun adalah, perusahaan yang memilih investasi software mesti ditentukan jumlah investasinya dan memiliki bentuk yang jelas. Contohnya investasi dengan mendirikan pusat riset dan pengembangan.

“Ada engineer-nya dengan jumlah berapa orang. Jangan beli aplikasi dari perusahaan lain, harus bikin aplikasi sendiri di Indonesia. Lalu aplikasi di-inject langsung di Indonesia,” ujar Lee memberi contoh.

Setelah vendor memenuhi persyaratan tersebut dan dibuktikan lengkap, barulah pemerintah bisa memberikan izin TKDN.

Dua skema TKDN

Seperti diketahui, pemerintah batal menerapkan lima skema investasi untuk pemenuhan TKDN. Sebagai gantinya dibahas skema investasi 100 persen software dan 100 persen hardware, serta berbagai syarat turunannya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X