Pasaran PC Menyusut, Ini Strategi Dell di Indonesia

Kompas.com - 16/06/2016, 14:04 WIB
EUC Commercial Director Dell Indonesia Primawan Badri Oik Yusuf/ KOMPAS.comEUC Commercial Director Dell Indonesia Primawan Badri
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasaran PC dunia masih lesu. Pada kuartal pertama 2016, penjualan PC secara global tercatat kembali menurun sebesar 9,6 persen secara year on year, menurut lembaga riset Gartner. Lembaga lain IDC pun memperkirakan pengapalan PC sepanjang 2016 bakal turun dibanding tahun sebelumnya.

Kondisi serupa juga dirasakan oleh para vendor PC yang beroperasi di Indonesia, seperti Dell. Meski begitu, vendor asal AS yang baru satu tahun membentuk badan usaha di Indonesia ini tetap optimis soal kiprahnya di pasaran PC Tanah Air.

“Pasar secara total memang turun, tapi market yang ada pun masih sangat besar, opportunity kami pun juga besar,” ujar EUC Commercial Director Dell Indonesia Primawan Badri saat ditemui di sela acara perayaan ulang tahun pertama Dell Indonesia di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Primawan beralasan, Dell memiliki peluang besar yang bisa dimanfaatkan karena pabrikan ini baru memiliki pangsa pasar yang terhitung kecil di Indonesia, yakni sekitar 7 persen menurut data kuartal pertama dari lembaga riset GFK.

“Kami ingin meningkatkan pangsa pasar ini. Pada kuartal kedua saya rasa akan naik,” katanya.

Di samping rutin melakukan menyegarkan lini produknya, dalam upaya merengkuh pangsa pasar yang lebih tinggi, Dell mencoba masuk ke segmen lain di industri komputer yang sedang tumbuh.

Primawan mencontohkan kategori perangkat 2-in-1, yakni tablet yang bisa berubah menjadi laptop dengan aksesori keyboard.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Dell juga berencana mendorong pemasaran PC di daerah-daerah agar bisa memberikan kontribusi lebih besar terhadap penjualan keseluruhan.

“Menurut GFK, pasaran PC di Indonesia itu 40 persen ada di Jakarta selebihnya di luar. Karena itu kami ingin mengembangkan pasar di luar Jakarta,” imbuh Priawan lagi.

Untuk mendukung upaya-upaya di atas, dalam kesempatan tersebut, Dell turut memperkenalkan perangkat-perangkat baru, yakni laptop 2-in-1 Latitude 12 7000 dan seri desktop PC Vostro 3000 MT dan SFF yang ditujukan untuk pelaku usaha kecil dan menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.