Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Akan Jualan Tampilan Ponsel Galaxy di Indonesia

Kompas.com - 17/06/2016, 08:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung akan memboyong desain tema antarmuka (theme interface) berbayar ke enam negara baru, termasuk Indonesia.

Mulai bulan depan, pengguna Samsung di Tanah Air yang bosan dengan "wajah" ponsel Galaxy-nya, bisa membeli dan mengunduh tampilan antarmuka yang lebih beragam.

Ragam jenis theme berbayar nantinya bisa diakses lewat theme store alias toko tema khusus Samsung, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Jumat (17/6/2016).

Theme store memulai debutnya di klan Samsung Galaxy S6. Fitur itu lalu tersedia di beberapa lini selanjutnya, termasuk flagship Galaxy S7, S7 Edge, dan S7 Active.

Tema-tema antarmuka berbayar itu juga memiliki desain yang lebih tematik dan detil dibandingkan tema default bawaan Samsung. Mulai dari pilihan warna, font, hingga ikon, bisa menggambarkan karakter atau mood seseorang.

Menurut desainer tema kawakan Lucas Kendi, ekspansi ini akan mengasah kreativitas dalam memenuhi selera konsumer yang lebih beragam. Selain itu, pendapatan dari penjualan theme juga semestinya meningkat.

Kehadiran tema berbayar diharapkan mampu menepis rasa bosan pengguna akan theme  antarmuka yang monoton. Pengguna bisa mengganti theme dengan opsi yang kaya kapan pun mereka mau.

Selain Indonesia, lima negara ekspansi lainnya adalah Brazil, Iran, Meksiko, Polandia, dan Turki. Belum diumbar tanggal pasti untuk ketersediaan tema berbayar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com