Bluetooth 5 Menyambut Era "Internet of Things"

Kompas.com - 17/06/2016, 14:39 WIB
Logo Bluetooth. IstLogo Bluetooth.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan ketersediaan teknologi konektivitas terbarunya, Bluetooth 5 pada akhir 2016 atau awal 2017 mendatang.

Dikutip KompasTekno dari Business Wire, Jumat (17/6/2016), standar teknologi Bluetooth terbaru itu akan memiliki jangkauan empat kali lebih luas, kecepatan dua kali lipat, serta peningkatan kapasitas data hingga 800 persen dibandingkan standar Bluetooth saat ini.

"Bluetooth 5 akan mengubah pengalaman orang di era internet of things ( IoT), dengan membuat peranti sekitar makin mudah terhubung," ujar Mark Powell, Executive Director of the Bluetooth SIG.

Meningkatnya jangkauan operasi Bluetooth akan memungkinkan koneksi dengan produk-produk IoT yang ada di dinding rumah-rumah masa depan.

Sementara peningkatan data transfer bisa mendukung perpindahan data dan update software yang lebih cepat pula.

Karena bisa memancarkan paket informasi yang lebih banyak, Bluetooth 5 akan membuat layanan pemancar, pengenal lokasi, dan koneksi nirkabel lainnya lebih relevan untuk produk-produk iOT.

Saat ini, diperkirakan ada 8,2 miliar produk dengan konektivitas Bluetooth di seluruh dunia. Dengan dikenalkannya Bluetooht 5, maka teknologi itu diproyeksikan akan dipakai oleh sepertiga perangkat IoT pada 2020 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X