Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Grafis AMD Radeon RX 480 Masuk Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 21/06/2016, 10:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Kartu grafis berbasis GPU "Polaris" terbaru dari AMD akan dipasarkan du Indonesia dalam waktu dekat. Produk perdana yang dibekali chip anyar tersebut, Radeon RX 480 dipastikan akan memasuki pasaran Tanah Air bulan depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Marketing Manager AMD Indonesia, Armawati Cen, saat ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran laptop Acer E5-553G di Jakarta, Senin (20/6/2016).

"Rencananya kami akan pasarkan sekitar pertengahan Juli mendatang, berdekatan dengan rollout global tanggal 29 Juni," ujar Armawati.

Selain Radeon RX 480, dua kartu grafis lain yang juga berbasis GPU Polaris, yakni Radeon RX 470 dan Radeon RX 460, juga bakal masuk Indonesia tahun ini, tapi tanggal pastinya belum disebutkan.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Marketing Manager AMD Indonesia Armawati Cen
Demikian pula dengan informasi harga ketiga kartu grafis tersebut di Indonesia yang menurut Armawati masih belum bisa diungkapkan ke publik.

Radeon RX 480 pertama kali diperkenalkan dalam ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan, awal Juni lalu.

Dengan teknologi fabrikasi 14nm FinFET, GPU Polaris yang tertanam di kartu grafis ini digadang-gadang bakal menyediakan solusi kartu grafis berkinerja tinggi untuk gaming Virtual Reality sambil tetap mempertahankan konsumsi daya yang rendah dan harga terjangkau.

Di pasaran internasional, Radeon RX 480 dibanderol seharga 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta. AMD belum membeberkan harga Radeon RX 470 dan RX 460, tapi keduanya diprediksi bakal dibanderol lebih murah dari RX 480 karena memang diposisikan di bawah kartu grafis tersebut.

Armawati berharap kehadiran kartu-kartu grafis berbasis Polaris akan meningkatkan pangsa pasar sekaligus pamor AMD di kalangan konsumen Tanah Air.

"Sejauh ini kami mendapat informasi bahwa Polaris banyak mendapat atensi positif di forum-forum Indonesia. Mudah-mudahan nanti bisa membantu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com