Microsoft Buktikan Chrome Boros Baterai

Kompas.com - 21/06/2016, 20:14 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Peramban internet bisa menentukan daya tahan baterai laptop. Dari semua browser yang ada di pasaran, Edge adalah yang paling hemat baterai. Paling tidak itulah yang hendak disampaikan oleh Microsoft lewat seuah video promosi.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (21/6/2016), dalam video tersebut, tampak empat perangkat Surface Book yang masing-masing menjalankan browser Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Google Chrome, dan Opera.

Keempat laptop diatur agar menjalankan HD video streaming dari internet. Kemudian Microsot mengukur waktu untuk melihat peramban mana yang bisa membuat Surface Book bertahan paling lama.

Hasilnya, Google Chrome membuat Surface Book tumbang lebih dulu dengan capaian waktu hanya 4 jam 19 menit. Menyusul berikutnya secara berturut-turut Firefox dan Opera. Sementara, Edge mencatat daya tahan baterai terlama dengan 7 jam 22 menit.

“Pengujian dan data kami menunjukkan bahwa Anda bisa browsing lebih lama dengan Microsoft Edge, ketimbang Chrome, Firefox, atau Opera di perangkat Windows 10,” tulis Microsoft dalam sebuah blog.

Peramban Chrome sendiri selama ini memang dikenal boros baterai. Google berupaya memperbaiki masalah tersebut, tapi belum ada hasil yang enunjukkan peningkatan signifikan.

Alhasil, Chrome sering jadi bulan-bulanan pabrikan browser lain. Di samping Microsoft, Opera juga pernah menyindir borosnya konsumsi daya Chrome pada bulan Mei lalu.



Sumber ENGADGET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X