Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Buktikan Chrome Boros Baterai

Kompas.com - 21/06/2016, 20:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Peramban internet bisa menentukan daya tahan baterai laptop. Dari semua browser yang ada di pasaran, Edge adalah yang paling hemat baterai. Paling tidak itulah yang hendak disampaikan oleh Microsoft lewat seuah video promosi.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (21/6/2016), dalam video tersebut, tampak empat perangkat Surface Book yang masing-masing menjalankan browser Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Google Chrome, dan Opera.

Keempat laptop diatur agar menjalankan HD video streaming dari internet. Kemudian Microsot mengukur waktu untuk melihat peramban mana yang bisa membuat Surface Book bertahan paling lama.

Hasilnya, Google Chrome membuat Surface Book tumbang lebih dulu dengan capaian waktu hanya 4 jam 19 menit. Menyusul berikutnya secara berturut-turut Firefox dan Opera. Sementara, Edge mencatat daya tahan baterai terlama dengan 7 jam 22 menit.

“Pengujian dan data kami menunjukkan bahwa Anda bisa browsing lebih lama dengan Microsoft Edge, ketimbang Chrome, Firefox, atau Opera di perangkat Windows 10,” tulis Microsoft dalam sebuah blog.

Peramban Chrome sendiri selama ini memang dikenal boros baterai. Google berupaya memperbaiki masalah tersebut, tapi belum ada hasil yang enunjukkan peningkatan signifikan.

Alhasil, Chrome sering jadi bulan-bulanan pabrikan browser lain. Di samping Microsoft, Opera juga pernah menyindir borosnya konsumsi daya Chrome pada bulan Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com