Misteri Selotip di Laptop Mark Zuckerberg

Kompas.com - 22/06/2016, 20:06 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg Stephen Lam/ReutersPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg memajang foto di halaman Facebook pribadinya hari ini, Rabu (22/6/2016). Foto itu diunggah untuk merayakan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram yang mencapai 500 juta.

Namun, jika dilihat lebih dekat, ada sesuatu yang menarik pada MacBook yang diletakkan di atas meja sang CEO. Laptop buatan Apple itu nampak ditempeli selotip di beberapa sisinya. Selotip itu pun mengundang tanya, apa gunanya?

Kamera pada MacBook tersebut ditutupi selotip. Tak hanya itu, audio jack di samping laptop juga terselotip, sebagaimana dilaporkan Gizmodo dan dihimpun KompasTekno.

Facebook.com/Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg di kantornya.

Pada awalnya, pengamat teknologi Chris Matyszczyk dari Cnet menganggap apakah Zuckerberg tidak suka narsis di depan kamera?

Namun Matyszczyk kemudian teringat saran yang pernah diberikan oleh Direktur FBI, James Comey untuk menghindari peretas (hacker), yakni menyelotip lensa kamera dan jack audio. Hal itu pun juga dilakukan oleh Comey.

"Menyelotip webcam adalah tindakan pencegahan yang bagus, kalau Anda khawatir seseorang meretas laptop Anda, direktur FBI James Comey merekomendasikannya," tulis Matyszczyk.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, beberapa peretas kelas kakap mampu mengawasi aktivitas seseorang via webcam yang tertancap di atas layar laptop. Apa yang dikatakan si pengguna juga bisa disadap via audio jack.

Kemungkinan tersebut sepertinya mengundang ketakutan sendiri pada diri Zuckerberg. Apalagi, baru-baru ini akun Twitter-nya sempat diretas sebuah kelompok yang menamai diri OurMine Team.

Baca: Hacker Curi Password Akun Media Sosial Mark Zuckerberg

Gizmodo Laptop Mark Zuckerberg diselotip.
Beberapa orang menyindir sikap paranoid Zuckerberg. Pasalnya, pria tersebut merupakan pendiri jejaring sosial yang mengumpulkan miliaran data personal netizen setiap harinya.

Zuckerberg juga rajin mengumbar semangat saling berbagi dan terkoneksi. Pada pekan lalu, dalam sebuah acara, suami Priscilla Chan tersebut kembali melontarkan semangat itu.

"Saya menghormati orang-orang di mana saja yang membuka pintu ke dunia mereka," kata dia.

Kini, dari gambar yang ia unggah sendiri, Zuckerberg terkesan tertutup dan tak konsisten dengan ucapannya. Untuk urusan ini, baik Zuckerberg dan tim Facebook belum mau berkomentar.



Sumber Gizmodo

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X