Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Mulai Rilis Tombol Penerjemah Bahasa

Kompas.com - 23/06/2016, 14:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Sering bingung melihat posting pengguna di Instagram yang dilengkapi teks dengan bahasa asing? Kebingungan itu nantinya tak perlu terjadi lagi karena Instagram mulai menyematkan tombol penerjemah khusus di layanannya.

Dengan demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Kamis (22/6/2016), pengguna Instagram bakal bisa melihat terjemahan bahasa dengan cepat tanpa harus melakukan copy-paste ke program translator.

“Anda akan melihat tombol penerjemah di feed story dan biografi profil yang ditulis dengan bahasa asing,” tulis Instagram dalam sebuah posting berisi pengumuman.

“Komunitas Instagram telah tumbuh dengan cepat dan mengglobal lebih cepat dari yang kami bayangkan. Kami senang bahwa Anda akan seera bisa mengerti keseluruhan cerita, tanpa peduli apa bahasa Anda,” tambah perusahaan layanan photo sharing itu.

Pengumuman fitur baru ini datang tak lama setelah Instagram mencatat jumlah pengguna sebanyak 500 juta. Dari angka ersebut, 300 juta di antaranya merupakan pengguna aktif harian. Sebanyak 80 persen pengguna Instagram berdomisili di luar AS.

Tombol penerjemah bahasa ini dirilis secara bergelombang untuk pengguna Android dan iOS di berbagai negara.

Sudah bisa di Indonesia

Tidak dijelaskan kapan para pengguna bisa memanfaatkan tombol yang bersangkutan. Hanya disebutkan fitur penerjemah tersebut akan hadir dalam “beberapa bulan ke depan”.

Belum jelas pula apakah tombol penerjemah Instagram nantinya akan langsung tersedia untuk pengguna di seluruh belahan dunia secara serentak, ataukah digulirkan secara bertahap.

Meski demikian, saat KompasTekno coba membuka Instagram pada Kamis (23/6/2016) pagi, beberapa posting berbahasa Indonesia terlihat sudah ditambahi tombol berbunyi “See Translation” di bagian bawah.

Ketika di-klik, tombol ini akan menampilkan hasil terjemahan teks dalam posting (termasuk komentar) ke bahasa Inggris.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tombol penerjemah di posting di linimasa Instagram (ditandai dengan kotak merah)

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tombol penerjemah di laman profil pengguna Instagram (ditandai dengan kotak merah)
Ketika sudah selesai menerjemahkan, tombol “See Translation” berubah menjadi “See Original” untuk kembali melihat posting dalam bahasa asli.

Selain dalam linimasa, tombol serupa juga bisa ditemukan di laman profil sehingga bisa dipakai untuk menerjemahkan biografi singkat para pengguna Indonesia.

Tombol penerjemah ini hanya muncul pada posting dan laman profil yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan tidak ditemukan pada posting berbahasa Inggris. Hasil terjemahannya masih terlihat agak kacau dan kadang mengundang senyum.

Belum diketahui apakah hanya akan tersedia opsi penerjemahan ke bahasa selain Inggris (misalnya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia) atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com