Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2016, 14:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sering bingung melihat posting pengguna di Instagram yang dilengkapi teks dengan bahasa asing? Kebingungan itu nantinya tak perlu terjadi lagi karena Instagram mulai menyematkan tombol penerjemah khusus di layanannya.

Dengan demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Kamis (22/6/2016), pengguna Instagram bakal bisa melihat terjemahan bahasa dengan cepat tanpa harus melakukan copy-paste ke program translator.

“Anda akan melihat tombol penerjemah di feed story dan biografi profil yang ditulis dengan bahasa asing,” tulis Instagram dalam sebuah posting berisi pengumuman.

“Komunitas Instagram telah tumbuh dengan cepat dan mengglobal lebih cepat dari yang kami bayangkan. Kami senang bahwa Anda akan seera bisa mengerti keseluruhan cerita, tanpa peduli apa bahasa Anda,” tambah perusahaan layanan photo sharing itu.

Pengumuman fitur baru ini datang tak lama setelah Instagram mencatat jumlah pengguna sebanyak 500 juta. Dari angka ersebut, 300 juta di antaranya merupakan pengguna aktif harian. Sebanyak 80 persen pengguna Instagram berdomisili di luar AS.

Tombol penerjemah bahasa ini dirilis secara bergelombang untuk pengguna Android dan iOS di berbagai negara.

Sudah bisa di Indonesia

Tidak dijelaskan kapan para pengguna bisa memanfaatkan tombol yang bersangkutan. Hanya disebutkan fitur penerjemah tersebut akan hadir dalam “beberapa bulan ke depan”.

Belum jelas pula apakah tombol penerjemah Instagram nantinya akan langsung tersedia untuk pengguna di seluruh belahan dunia secara serentak, ataukah digulirkan secara bertahap.

Meski demikian, saat KompasTekno coba membuka Instagram pada Kamis (23/6/2016) pagi, beberapa posting berbahasa Indonesia terlihat sudah ditambahi tombol berbunyi “See Translation” di bagian bawah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.