Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Ditinggalkan Pendirinya

Kompas.com - 24/06/2016, 08:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri (Co-founder) HTC, Peter Chou resmi meninggalkan perusahaan ponsel yang telah ia rintis sejak 1997. Isu ini beredar sejak beberapa bulan terakhir dan kini dibenarkan oleh HTC.

"Kami tetap meminta Chou sebagai penasihat kehormatan perusahaan," kata perwakilan HTC, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Kamis (23/6/2016).

Proyek terakhir Chou di HTC adalah peluncuran perangkat virtual reality "Vive VR" pada April lalu. Tak lama setelah itu, Chou hengkang dari perusahaan yang membesarkan namanya.

Diketahui, Chou berperan sebagai CEO HTC sejak 2004 silam. Posisi itu kemudian diambil alih oleh co-founder HTC, Cher Wang pada Maret 2015 lalu.

Kala itu Chou diberikan posisi sebagai Kepala Future Development Lab HTC. Divisi tersebut kurang lebih bertanggung jawab atas inovasi teknologi HTC di masa depan.

Sebelumnya, pada September 2015, Chou juga ditunjuk sebagai Presiden Direktur Digital Domain. Perusahaan efek visual asal AS tersebut dikenal lewat film-film blockbusters semacam Iron Man, Transformers, dan Titanic.

Peran Chou di perusahaan itu diharapkan mampu menjembatani pengembangan teknologi VR HTC. Nyatanya, sejak saat itu hubungan Chou dan HTC dikabarkan mulai renggang.

Belum jelas apa rencana Chou ke depan pasca melepaskan atributnya sebagai pegawai di HTC. Perusahaan asal Taiwan tersebut pun belum mampu keluar dari mandeknya bisnis mobile sejak beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com