Aplikasi YouTube Bakal Bisa Dipakai Siaran Langsung

Kompas.com - 24/06/2016, 10:58 WIB
YouTube mobile bikin fitur live streaming seperti Periscope YouTube CreatorYouTube mobile bikin fitur live streaming seperti Periscope
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sejak kehadiran Meerkat pada 2015 lalu, platform siaran langsung video (video live stream) di perangkat mobile berkembang pesat. Langkah Meerkat kemudian diikuti Periscope yang belakangan lebih populer.

Tak ketinggalan, Facebook mengikuti tren itu dengan menghadirkan fitur Live. Kini, YouTube pun hendak meramaikan industri siaran video langsung dari peranti mobile tersebut.

"Kami akan membawa kekuatan live streaming YouTube ke tangan Anda," begitu tertera pada blog resmi YouTube Creator, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (24/6/2016).

Ke depan, saat ingin menyiarkan video langsung dari smartphone, pengguna cukup menekan sebuah tombol merah yang terpatri di layar aplikasi mobile YouTube di iOS atau Android.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih sebuah foto -baik dari galeri atau foto langsung di aplikasi- sebagai thumbnail. Pengguna juga harus mengisi keterangan video sebelum menyiarkannya.

Begitu mulai live, para followers akan diberi notifikasi untuk menyaksikan tayangan pengguna. Antarmukanya kurang lebih mirip seperti Periscope. Pengguna bisa membalas chatting dari para followers sembari live secara real time.

Tak mau disebut meniru

Meski begitu, YouTube enggan dikatakan meniru Periscope. Anak perusahaan Google itu berkilah YouTube merupakan platform video terbesar yang sejatinya paling awal memperkenalkan kemampuan live streaming.  

"Kami telah menawarkan live streaming di YouTube sejak 2011, sebelum kemampuan itu jadi populer seperti sekarang," kata juru bicara YouTube.

Diketahui, kala itu YouTube menyiarkan langsung prosesi Royal Wedding, yakni pernikahan Pangeran William dan Putri Catherine Middleton. Setelahnya, ada beberapa acara besar yang disiarkan langsung dari platform bernuansa merah tersebut.

"Menurut kami, ini adalah penawaran yang benar-benar baru dan membuat Anda semakin spontan dan intim dalam membagi pengalaman," YouTube menuturkan.

Belum jelas kapan fitur itu bakal meluncur resmi untuk publik. Kini, fitur itu masih dalam tahap pengujian bagi beberapa pengguna terbatas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X