Begini Caranya Tangkal Penyadap Mikrofon Komputer

Kompas.com - 26/06/2016, 15:29 WIB
Waspada pencurian password saat transaksi kartu kredit online ShutterstockWaspada pencurian password saat transaksi kartu kredit online
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hacker bisa saja menyerang sebuah komputer dan mengubah microfon internalnya menjadi alat penyadap. Tapi tenang, ada cara mudah untuk mengantisipasi penyadapan seperti ni.

Masih ingat dengan selotip misterius yang dipakai CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menangkal penyadapan? Anda juga bisa melakukannya, namun dengan sedikit modifikasi yang lebih ampuh.

Zuckerberg, dalam upaya menangkal penyadapan tersebut, memakai selotip untuk menutupi lubang microfon. Cara ini diyakini bisa mengurangi daya tangkap pada "mic" tersebut.

Sayangnya, Zuckerberg keliru. Walau selotip itu bisa mengurangi sensitifitasnya, tapi toh microfon tersebut masih bisa dipakai untuk menyadap suara di sekelilingnya.

Bila ingin lebih aman, seperti dilansir KompasTekno dari Mashable, Minggu (26/6/2016), cobalah cara berikut ini:

1. Earphone yang memiliki mic

Carilah sebuah earphone yang memiliki mic. Anda tidak harus menyediakan earphone baru atau mahal, seadanya saja. Bila sudah mendapatkannya, pasanglah earphone tersebut pada port audio 3,5 mm yang ada di laptop atau komputer Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Rusak earphone

Ya, rusak earphone itu. Tapi jangan seluruhnya. Cukup putus kabel yang terhubung ke mic pada earphone tersebut. Biasanya mic disematkan di kabel yang terhubung ke earphone sebelah kanan.

3. Biarkan earphone itu terpasang

Halaman:


Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.