Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Singapore Airlines Terekam Kamera Penumpang

Kompas.com - 27/06/2016, 10:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sayap pesawat B777-300ER Singapore Airlines terbakar sesaat setelah pesawat mendarat darurat di bandara Changi, Singapura, Senin (27/6/2016) pagi waktu setempat.

Sejumlah penumpang sempat merekam insiden tersebut. Video yang menampilkan sayap kanan pesawat dilalap api itu pun beredar di Twitter dan YouTube.

Pesawat Boeing B777 registrasi 9V-SWB dengan nomor penerbangan SQ368 rute Singapura - Milan itu melakukan pendaratan darurat setelah pilot di kokpit melihat indikator oli menyala di mesin sebelah kanan.

Menurut pihak Singapore Airlines, SQ368 lepas landas pada pukul 02.05 dini hari waktu Singapura. Namun sekitar dua setengah jam di udara, pesawat harus berputar kembali untuk mendarat di Singapura karena ada indikasi kebocoran oli di mesin kanan pesawat.

Setelah melihat indikator yang menyala, pilot penerbangan memutuskan untuk mendarat kembali (retun to base/RTB) ke bandara Changi.

Pesawat mendarat di Changi pukul 06.50 waktu Singapura. Setelah mendarat, muncul api di mesin dan sayap kanan pesawat. Api dapat dengan cepat dipadamkan oleh petugas tanggap darurat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Seluruh 222 penumpang dan 19 kru berhasil dievakuasi, dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Simak video yang direkam oleh penumpang yang berada di dekat sayap yang terbakar:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com