Kompas.com - 27/06/2016, 17:52 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - “Hamburg” adalah kode nama untuk salah satu ponsel BlackBerry generasi berikutnya yang bakal menjalankan sistem operasi Android.

Belakangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (27/6/2016), muncul kabar bahwa perangkat ini tak lain merupakan ponsel Alcatel Idol 4 yang di-rebrand alias diubah namanya.

Dugaan tersebut muncul setelah beredar bocoran baru yang memperlihatkan sertifikasi WiFi Alliance untuk ponsel Android 6.0 Marshmallow berkode DTEK-50 yang akan diproduksi oleh pabrikan TCL di China.

“DTEK” diketahui merupakan nama aplikasi sekuriti dan privasi di ponsel Android pertama BlackBerry, Priv. Nomor model perangkat dalam sertifikat adalah STH100-2, sementara Priv STV100-1.

TCL sendiri adalah pabrikan yang turut menangani produksi ponsel-ponsel pintar bikinan Alcatel. Dari sini lah muncul sangkaan bahwa BlackBerry Hamburg tak lain merupakan kloning dari salah satu ponsel Alcatel.

Terlebih lagi, bocoran spesifikasi BlackBerry Hamburg yang beredar selama ini terbilang mirip dengan Alcatel Idol 4, mencakup layar 5,2 inci (1.920x1.080), RAM 3 GB, storage 16 GB, dan prosesor Snapdragon 617 (Idol 4 menggunakan Snapdragon 615).

Benarkah Hamburg merupakan hasil rebranding Alcatel Idol 4? Masih terlalu dini untuk menyimpulkan. Yang jelas, BlackBerry memang sedang menyiapkan dua ponsel Android.

Selain Hamburg yang memiliki form factor touchscreen, ada “Rome” yang mengusung keyboard fisik. Belum diketahui kapan keduanya akan diperkenalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.