Xiaomi Bikin Sepeda Lipat Pintar

Kompas.com - 28/06/2016, 06:54 WIB
Sepeda lipat buatan Xiaomi. TechcrunchSepeda lipat buatan Xiaomi.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya tak ingin cuma dikenal sebagai produsen smartphone. Vendor asal China itu melebarkan sayap bisnisnya ke lini lain, mencakup drone dan peralatan rumah tangga.

Kini, Xiaomi juga memperkenalkan sepeda elektrik pintar bertajuk Mi QiCYCLE Folding. Sesuai namanya, sepeda itu bisa dilipat, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Selasa (28/6/2016).

Disokong 20 baterai lithium Panasonic berkapasitas 36 Volt, sepeda elektrik itu diklaim mampu dikendarai sepanjang 45 kilometer setelah dicas penuh. Jika sudah habis, tentunya pengendara bisa langsung kembali mengayuh pedal untuk berkendara.

Sepeda ini dikatakan cocok bagi masyarakat modern yang ingin menghindari kemacetan dalam kehidupan sehari-hari tapi tak tertarik dengan skateboard elektrik atau alternatif lainnya.

Untuk mengetahui informasi pengendaraan, sekaligus memenuhi unsur "sepeda pintar", QiCYCLE menyematkan layar tampilan pada tubuh sepeda. Isinya mencakup kecepatan, jarak, kalori yang terbakar, dan lokasi GPS.

Xiaomi mengatakan sepeda pintarnya itu juga memiliki sistem tertentu yang menggunakan beberapa sensor untuk mengoptimalkan upaya pengguna menggenjot pedal. Alhasil, pengguna bisa mendapatkan kecepatan maksimal tanpa membuang tenaga sebanyak-banyaknya.  

Sama seperti Mi Drone, QiCYCLE juga merupakan proyek penggalangan dana melalui aplikasi Xiaomi Mi Home. Jadi, untuk mewujudkan produk ini secara massal, harus ada sejumlah peminat yang sepakat untuk membelinya sejak awal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga QiCYCLE sendiri dipatok sekitar 455 dollar AS atau setara Rp 6 jutaan. Sepeda ini, kata Xiaomi, dibuat untuk mengembangkan ekosistem teknologi Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.