Kompas.com - 28/06/2016, 08:52 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tuduhan jiplak-menjiplak sering dilontarkan di industri teknologi. Dalam salah satu kasus terbaru, Qualcomm menuding Meizu telah memakai teknologi yang dipatenkannya tanpa membayar kompensasi.

Seerti dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (28/6/2016), Qualcomm mengajukan gugatan hukum terhadap Meizu pada Kamis lalu di pengadilan Beijing, China.

Properti intelektual Qualcomm yang diklaim telah dipakai oleh Meizu meliputi standar komunikasi 3G dan 4G.

Pihak Qualcomm mengatakan telah melakukan upaya negosiasi dengan Meizu untuk menjalin perjanjian lisensi untuk teknologi terkait, namun vendor ponsel China itu menolak.

“Tindakan Meizu memakai (teknologi) Qualcomm tanpa lisensi bukan hanya melanggar hukum, tapi juga tidak adil terhadap pembayar lisensi lainnya yang berniat baik dan menghormati hak paten,” ujar Executive Vice President dan konsultan hukum Qualcomm, Don Rosenberg, dalam sebuah pernyataan.

Sebelum ditolak oleh Meizu, Qualcomm selama ini telah menjalin perjanjian lisensi paten teknologi dengan sejumlah vendor gadget asal Negeri Tirai Bambu, termasuk Huawei dan Xiaomi.

Meizu adalah salah satu pabrikan smartphone besar di China yang didukung oleh raksasa e-commerce Alibaba. Tahun lalu, Alibaba menanam modal sebesar 590 juta dollar as di Meizu tanpa mengungkapkan jumlah sahamnya di perusahaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.