Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Google Senasib dengan Zuckerberg

Kompas.com - 28/06/2016, 11:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - OurMine, kelompok pembajak akun media sosial Mark Zuckerberg, kembali beraksi. Kali ini, tim yang berisikan tiga orang itu meretas akun tanya jawab Quora milik CEO Google Sundar Pichai.

Kelompok itu mem-posting pesan dengan menggunakan akun milik Pichai, yang sialnya terhubung ke akun Twitter miliknya. Sebagai hasilnya, sekitar 508.000 pengikut pria keturunan India itu bisa melihat hasil kejahilan para peretas tersebut.

Kicauan hasil bajakan tersebut sudah dihapus, tetapi masih sempat disimpan.

TNW Karena akun Quora milik CEO Google terhubung ke Twitter miliknya, follower-nya pun bisa melihat hasil retasan tersebut
"#OurMine Kami hanya menguji keamanan Anda," tulis pihak OurMine, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Selasa (28/6/2016).

Apa alasan OurMine membajak akun Quora milik Pichai? Kepada media The Next Web, OurMine mengaku hanya ingin menguji keamanan dari Quora.

"Kami tidak pernah mengubah password mereka (korban), kami melakukannya karena ada peretas lain yang bisa meretas dan mengubah apapun," kata OurMine.

OurMine juga mengaku membobol akun Pichai dengan memanfaatkan kelemahan dari platform Quora. Pihaknya telah menyatakan telah mengadu kepada Quora akan masalah tersebut, tetapi tidak mendapatkan respons.

Tim itu sendiri menyarankan pengguna untuk segera mengganti password Quora.

OurMine sendiri telah mengincar berbagai petinggi perusahaan teknologi beberapa waktu belakangan ini. Selain Zuckerberg, tim itu juga telah mengincar Daniel Ek dari Spotify.

Tidak jelas teknis yang digunakan untuk pembobolan akun tersebut. Namun, kelompok itu mengklaim menggunakan beberapa kelemahan untuk masuk ke akun korban.

Tim itu juga menyatakan tidak mau disebut sebagai tim peretas, melainkan perusahaan keamanan. Mereka menawarkan bantuan keamanan bagi para korbannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com