Bom Turki, Facebook Aktifkan Fitur Pelacak Korban

Kompas.com - 29/06/2016, 09:07 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check menyusul pengeboman yang terjadi di bandara Ataturk, Turki, Selasa (28/6/2016) malam waktu setempat.

Peristiwa pengeboman di bandara Ataturk itu sendiri dilaporkan merenggut 28 korban jiwa dan 60 lainnya luka-luka.

Fitur Safety Check dari Facebook berguna untuk memberi tahu teman di media sosial, bahwa mereka yang ada di lokasi kejadian berada dalam kondisi baik-baik saja.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Rabu (29/6/2016), fitur Safety Check Facebook diaktifkan untuk kedua kalinya dalam dua pekan terakhir ini, setelah insiden penembakan di sebuah klub di Orlando, Florida, yang menewaskan 49 orang.

Safety Check secara otomatis akan mengirim pesan kepada pengguna Facebook yang berada di lokasi dengan pertanyaan apakah mereka selamat atau tidak.

Pengguna kemudian bisa klik "Yes, let my friends know," jika mereka dalam keadaan baik-baik saja, dan mempublikasikannya di Facebook.

Fitur Safety Check pertama kali diaktifkan Facebook sebagai respons aksi terorisme di Paris, Perancis pada November 2015. Sebelumnya, fitur tersebut hanya diaktifkan saat terjadi bencana alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.