5 Alasan "Lebaran 2016" Jadi yang Tercanggih Sepanjang Masa

Kompas.com - 29/06/2016, 12:44 WIB
Beberapa tahun lalu, stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara masih dipenuhi oleh para pemudik paling tidak seminggu sebelum hari raya. Keadaan ini mulai membaik sejak tiket kendaraan umum sudah bisa dibeli secara daring. ThinkstockBeberapa tahun lalu, stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara masih dipenuhi oleh para pemudik paling tidak seminggu sebelum hari raya. Keadaan ini mulai membaik sejak tiket kendaraan umum sudah bisa dibeli secara daring.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com – Lebaran identik dengan keriuhan di rumah yang lebih heboh daripada hari-hari biasa. Tak bisa dimungkiri, kehadiran teknologi memudahkan persiapan.

Sesekali, pernahkah Anda membayangkan apa jadinya Hari Raya tanpa teknologi yang kita gunakan sekarang?

Ibu harus memasak dengan kayu bakar sambil sesekali meniup corong bambu agar api tungku tetap besar. Sementara itu, ayah memanfaatkan ampas kelapa untuk mengepel dan membersihkan lantai.

Jika begini repotnya, persiapan lebaran bisa jadi Anda lakukan dua minggu sebelum hari-H.

Nah, pada 2016, beragam teknologi baru untuk perumahan juga terus bermunculan.

Nascent Objects, perusahaan asal California, Amerika Serikat, misalnya, mengeluarkan Droppler atau sebuah alat yang mampu mengukur konsumsi air dengan memantau tekanan dari keran di rumah. Pemantauan ini akan mengingatkan sang pemilik untuk tidak boros memakai air.

Berikut ini lima alasan mengapa lebaran 2016 adalah yang tercanggih sepanjang masa:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiket mudik tanpa antre

Beberapa tahun lalu, stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara masih dipenuhi oleh para pemudik paling tidak seminggu sebelum hari raya. Siang dan malam mereka bersaing di depan loket demi ruang kosong dalam kendaraan yang membawa mereka ke kampung halaman.

Keadaan ini mulai membaik sejak tiket kendaraan umum sudah bisa dibeli secara daring. Pada situs PT Kereta Api Indonesia, misalnya, Anda bisa membeli tiket mudik tiga bulan sebelum hari keberangkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.