Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Lirik Lagu Lebih Cepat Pakai Google

Kompas.com - 29/06/2016, 15:35 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google mempercanggih layanan mesin pencarinya. Kini laman hasil pencarian Google akan langsung menampilkan lirik lagu secara lebih cepat jika ada pengguna yang mencari dengan kata kunci judul lagu.

Sebelum merilis fitur ini, pengguna setidaknya harus melewati beberapa langkah untuk mencari lirik lagu. Pertama-tama, pengguna harus mengetik judul lagu yang liriknya ingin dicari.

Kemudian, mesin pencari Google akan menampilkan situs mana saja yang memuat lirik tersebut. Terakhir, pengguna harus meng-klik salah satu tautan tersebut.

Kini, pengguna tak perlu meng-klik tautan hasil pencarian, alih-alih Google akan menampilkan lirik langsung di laman pencariannya. Untuk menampilkan lirik lagu di hasil pencarian, pengguna cukup mengetik judul lagu diikuti dengan kata "lyrics" di belakangnya.

Dengan menampilkan lirik lagu langsung di laman pencarian, setidaknya pengguna bisa menghemat waktu tanpa harus membuka halaman situs yang memuat lirik lagu.

Google sendiri bekerja sama dengan perusahaan asal Toronto, Kanada, LyricFind, untuk fitur lirik tersebut.

Menurut pengamatan KompasTekno, karena bekerja sama dengan perusahaan asal Kanada, fitur ini baru bekerja untuk judul-judul lagu barat saja. Saat mencari judul lagu asal Indonesia, tidak ada lirik lagu yang ditampilkan.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Rabu (29/6/2016), kerja sama di antara Google dan LyricFind itu dikatakan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi para musisi dan publisher.

"Semua berbasiskan penggunaan. Royalti akan dibayarkan berdasarkan jumlah lirik yang dilihat. Semakin banyak dilihat, publisher akan semakin banyak dibayar," ujar CEO dan co-founder LyricFind Darryl Ballantyne.

Bagi Google, mesin pencarinya semakin memiliki fitur lengkap dibandingkan mesin pencari lain, seperti Yahoo atau Bing. Fitur lirik lagu di Google Search ini sudah bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com