Kompas.com - 29/06/2016, 15:35 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google mempercanggih layanan mesin pencarinya. Kini laman hasil pencarian Google akan langsung menampilkan lirik lagu secara lebih cepat jika ada pengguna yang mencari dengan kata kunci judul lagu.

Sebelum merilis fitur ini, pengguna setidaknya harus melewati beberapa langkah untuk mencari lirik lagu. Pertama-tama, pengguna harus mengetik judul lagu yang liriknya ingin dicari.

Kemudian, mesin pencari Google akan menampilkan situs mana saja yang memuat lirik tersebut. Terakhir, pengguna harus meng-klik salah satu tautan tersebut.

Kini, pengguna tak perlu meng-klik tautan hasil pencarian, alih-alih Google akan menampilkan lirik langsung di laman pencariannya. Untuk menampilkan lirik lagu di hasil pencarian, pengguna cukup mengetik judul lagu diikuti dengan kata "lyrics" di belakangnya.

Dengan menampilkan lirik lagu langsung di laman pencarian, setidaknya pengguna bisa menghemat waktu tanpa harus membuka halaman situs yang memuat lirik lagu.

Google sendiri bekerja sama dengan perusahaan asal Toronto, Kanada, LyricFind, untuk fitur lirik tersebut.

Menurut pengamatan KompasTekno, karena bekerja sama dengan perusahaan asal Kanada, fitur ini baru bekerja untuk judul-judul lagu barat saja. Saat mencari judul lagu asal Indonesia, tidak ada lirik lagu yang ditampilkan.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Rabu (29/6/2016), kerja sama di antara Google dan LyricFind itu dikatakan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi para musisi dan publisher.

"Semua berbasiskan penggunaan. Royalti akan dibayarkan berdasarkan jumlah lirik yang dilihat. Semakin banyak dilihat, publisher akan semakin banyak dibayar," ujar CEO dan co-founder LyricFind Darryl Ballantyne.

Bagi Google, mesin pencarinya semakin memiliki fitur lengkap dibandingkan mesin pencari lain, seperti Yahoo atau Bing. Fitur lirik lagu di Google Search ini sudah bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.