Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Wahana "Virtual Reality" di MWC Shanghai 2016

Kompas.com - 29/06/2016, 20:23 WIB
Bayu Galih

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Beragam permainan berbasis virtual reality (VR) menjadi salah satu daya tarik pengunjung di ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2016 yang dimulai hari ini, Rabu (29/6/2016).

Sejumlah perusahaan pengembang pun memanfaatkan MWC Shanghai 2016 untuk memamerkan game-game VR terbaru buatan mereka.

Sebagian besar pengembang membuat game berbasis perangkat VR Vive besutan HTC dan Valve. Namun, ada juga game yang dikembangkan untuk perangkat VR lain, seperti Oculus Rift.

Tiap booth memamerkan keunikan game VR milik mereka sendiri. Ada permainan sederhana, seperti memanah, atau permainan sensor gerak mengikuti layar yang diiringi musik seperti game "Dance Dance Revolution".

Ada juga permainan VR yang dikembangkan dengan membuat wahana tambahan. Wahana itu pun didesain seperti kendaraan yang bergerak atau bergoyang mengikuti gameplay atau alur permainan.

Wartawan Kompas.com Bayu Galih sempat menjajal game berbasis VR yang menggunakan wahana tambahan untuk permainan sejenis first person shooter berlatar belakang alien dan luar angkasa.

Gameplay-nya sederhana, pemain hanya tinggal menembakkan pistol ke arah musuh yang berdatangan dari segala penjuru. Wahana itu menjadi semacam kendaraan yang dinaiki.

dokumen Bayu Galih/Kompas.com Kompas.com menjajal salah satu permainan berbasis virtual reality yang dilengkapi wahana tambahan dalam MWC Shanghai 2016, Rabu (29/6/2016).
Dengan demikian, pemain harus memutar pandangan, juga badan, untuk menembak musuh yang datang menghampiri. Namun, jangan keasyikan menembak dan lupa berpegangan pada wahana.

Sebab, wahana itu akan berguncang saat tembakan musuh mengenai kita. Jika tidak berpegangan, tentu pemain bisa terpental.

Permainan itu memang tidak berlangsung lama, sekitar 5 menit. Namun, cukup membuat kepala pening usai permainan berakhir.

Seperti apa keasyikan VR dalam ajang MWC Shanghai 2016? Videonya bisa dilihat di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com