Penjualan 2.500 Menara XL ke Protelindo Diharapkan Dukung Efisiensi Industri

Kompas.com - 30/06/2016, 14:41 WIB
Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di Yogyakarta XL AxiataTeknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di Yogyakarta
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, proses pembelian aset 2.500 menara BTS XL oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) kian mendekati rampung.

"Perjanjian kerja sama yang telah kami lakukan tersebut kini akan segera rampung," kata Dian dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/6/2016).

Dian berharap aset menaranya yang dijual tersebut bisa disewa lagi oleh operator lain guna mewujudkan efisiensi dalam industri telekomunikasi. Perjanjian seperti ini sering disebut sebagai infrastructure sharing.

"Saya berharap, selain akan menyehatkan XL secara finansial, kerja sama ini juga akan memberikan kontribusi kepada penyehatan industri telekomunikasi," imbuh Dian.

Sebelumnya, Protelindo telah diumumkan sebagai pemenang tender penjualan aset 2.500 menara BTS milik PT XL Axiata senilai Rp 3,568 triliun.

Baca: Protelindo Borong 2.500 Menara Telekomunikasi XL Rp 3,56 Triliun

Keduanya telah menandatangani Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement) pada 28 Maret 2016 lalu. XL kemudian akan menyewa kembali 2.433 menara dari Protelindo untuk jangka waktu 10 tahun.

Penjualan 2.500 menara kepada Protelindo merupakan kelanjutan strategi penggunaan aset XL Axiata. Operator seluler itu kemudian akan menggunakan dana hasil penjualan menara itu untuk mengoptimalkan neraca keuangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X