Kompas.com - 01/07/2016, 03:33 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google mengumumkan nama resmi untuk sistem operasi baru, Android N. Nama yang akan disandangnya adalah "Nougat".

Android Nougat dikenalkan oleh Google melalui akun Snapchat resmi perusahaan, Jumat (1/7/2016). Akun Twitter resmi Android juga memastikannya dengan postingan yang dikicaukan pada hari yang sama.

Android Nougat menjadi versi Android terkini setelah dikenalkan pada Maret lalu dan saat ini statusnya adalah Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi perdana, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge. Meski demikian, belum jelas nomor versi yang disandang oleh Nougat, bisa Android 6.1 atau Android 7.0.

Nougat sebagai penerus Android Marshmallow membawa fitur-fitur baru seperti tampilan notifikasi, layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan.

Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual relaity terbaru Google, namun baru untuk perangkat yang mendukung saja.

Sebelumnya, beredar banyak rumor terkait penamaan sistem operasi Android terbaru ini, mulai dari New York Cheesecake, Nutella, hingga Neyyapam. (Baca: Pencarian Nama Android N Diwarnai Sindiran)

Google bahkan sampai menggelar sayembara khusus untuk mendapatkan masukan ide nama apa yang akan dipakai oleh Android N. Akhirnya, Google memutuskan menggunakan nama Nougat.

Ist Nougat, cemilan manis yang dijadikan sebagai nama sistem operasi Android N.

Nougat adalah cemilan manis yang terbuat dari bahan gula, madu, kacang panggang, telur putih dan kadang juga disertai dengan buah-buahan kering.

Seperti diketahui, nama-nama resmi Android sendiri selama ini selalu terkait dengan makan ringan atau camilan manis. Yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.